Salma, Alfitra (2023) PENGARUH JAJANAN TRADISIONAL SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN GEOMETRI BERBASIS ETNOMATEMATIKA TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA DI SD. Masters thesis, Universitas Muhammadiyah Pringsewu.
Halaman Depan.pdf
Download (525kB) | Preview
BAB 1.pdf
Download (104kB) | Preview
BAB 2.pdf
Download (477kB) | Preview
BAB 3.pdf
Download (283kB) | Preview
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only
Download (381kB)
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only
Download (9kB)
Daftar Pustaka.pdf
Download (91kB) | Preview
Lampiran.pdf
Download (2MB) | Preview
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar matematika peserta didik.
Hasil belajar matematika peserta didik yang rendah disebabkan karna matematika
memiliki konsep pemahaman yang abstrak dan kurangnya variasi guru dalam
menggunakan media pembelajaran yang dapat mengatasi keabstrakan pemahaman konsep
matematika tersebut. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh jajanan tradisional
sebagai media pembelajaran geometri berbasis etnomatematika terhadap hasil belajar
siswa di SD. Etnomatematika merupakan strategi pembelajaran yang
mengkolaborasikan pelajaran matematika dengan unsur unsur budaya Metode
penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif dengan jenis
penelitian Pre-experimental Design. Desain yang digunakan adalah One Group Pre-test -
Post-test Design. Populasi penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas IV SD Negeri
1 Margakaya yang berjumlah 25 siswa dengan teknik pengampilan sampel, yaitu teknik
sampel jenuh. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini untuk mengumpulkan data
yaitu soal pilihan ganda sebanyak 20 butir soal yang telah di validasi. Hasil penelitian
menunjukkan bahwa jajanan tradisional sebagai media pembelajaran geometri berbasis
etnomatenatika berpengaruh terhadap hasil belajar siswa di SD. Hal tersebut dapat dilihat
dari hasil rata-rata post-test 89.40 lebih tinggi dibanding nilai rata-rata pre-test yaitu
70.60. Berdasarkan hasil perhitungan Uji Paired-Sample T-Test diperoleh nilai sig (2-
tailed) yaitu 0,000 < 0,05 dan nilai t
hitung
15.667 > nilai t
ii
tabel
2,064 yang berarti H
ditolak
dan H
diterima, dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh pada
jajanan tradisional sebagai media pembelajaran geometri berbasis etnomatematika
terhadap hasil belajar siswa di SD.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Jajanan Tradisional,Media Pembelajaran,Etnomatematika, Geometri |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan > Prodi S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Dani Wilian |
Date Deposited: | 27 May 2024 04:41 |
Last Modified: | 27 May 2024 04:41 |
URI: | http://repository.umpri.ac.id/id/eprint/1050 |