Kusmiran, Eko (2023) PENGEMBANGAN SISTEM INFORMASI KINERJA GURU (SIKAGUR) PENDIDIKAN DASAR KABUPATEN PRINGSEWU. Masters thesis, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan.
1. ABSTRAK.pdf
Download (40kB) | Preview
TESIS BAB 1.pdf
Download (256kB) | Preview
TESIS BAB 2.pdf
Download (645kB) | Preview
TESIS BAB 3.pdf
Download (302kB) | Preview
TESIS bab 4.pdf
Restricted to Registered users only
Download (2MB)
TESIS BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only
Download (34kB)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Download (42kB) | Preview
Abstract
Penegakan disiplin kerja dan peningkatan kinerja guru menjadi urgensi yang harus dilaksanakan
oleh Pemerintah Kabupaten Pringsewu untuk meningkatkan kualitas layanan pendidikan bagi
masyarakat Kabupaten Pringsewu. Penegakan disiplin dan kinerja guru diatur melalui berbagai
regulasi antara lain; (1) UU No 5 Tahun 2014 tentang Aparatur Sipil Negara; (2) PP Nomor 94
Tahun 2021 tentang Disipin PNS; (3) Permendikbud RI Nomor 15 Tahun 2018 tentang
Pemenuhan Beban Kerja Guru, Kepala Sekolah, dan Pengawas Sekolah. Transformasi sistem
pelaporan presensi dan laporan kinerja guru yang berbentuk manual ke dalam sistem digital
menjadi kebutuhan dalam rangka penegakan disiplin dan peningkatan kinerja guru. Penelitian ini
bertujuan: (1) Menghasilkan arsitektur aplikasi e-presensi dan e-lapkin yang terintegrasi
dalam Sistem Informasi Kinerja Guru; (2) Menghasilkan produk aplikasi e-presensi dan elapkin
yang
terintegrasi
dalam
Sistem
Informasi
Kinerja
Guru;
(3)
Mendiskripsikan
hasil
uji
fungsional
dan efektifitas Sistem Informasi Kinerja Guru. Prosedur yang digunakan dalam
penelitian ini berpedoman pada langkah-langkah penelitian Research and Development (R&D).
Tahapan penelitian mencakup: (1) identifikasi potensi dan masalah, (2) pengumpulan data, (3)
pembuatan desain produk, (4) pengujian internal desain, (5) revisi desain, (6) pembuatan produk,
(7) uji coba terbatas, (8) uji coba lapangan (9) revisi produk (10) deseiminasi. Hasil Penelitian
menunjukkan bahwa aplikasi e-presensi berbasis mobile device berhasil dibuat berdasarkan
rancangan aplikasi. Produk pengembangan yang dihasilkan berupa APK e-presensi, video
tutorial aplikasi dan manual book aplikasi. Demikin juga dengan sistem laporan kinerja,
programmer berhasil membangun aplikasi e-lapkin berbasis website. Produk pengembangan yang
dihasilkan berupa APK e-lapkin, video tutorial aplikasi dan manual book aplikasi. Aplikasi epresensi
dan
e-lapkin
juga
telah
diintegrasikan
dalam
satu
sistem
komunikasi
berbasis
data
pada
Sistem
Informasi Kinerja Guru. Metode pengintegrasian menggunakan tools berupa Rest API
(Representational State Transfer Application Protocol Interface). Sistem Informasi Kinerja Guru
telah dilakukan pengujian tingkat kelayakan menggunakan metode blackbox testing dengan
teknik boundary value analysis dan dinyatakan layak digunakan secara massal. Sistem Informasi
Kinerja Guru juga telah diujicoba tingkat efektifitasnya oleh pengguna (user) serta dinyatakan
efektif dalam meningkatkan disiplin dan kinerja guru. Berdasarkan hasil penelitian, maka saran
dan rekomendasi penelitian ini adalah: (1) penerapan sistem informasi kinerja guru pada jenjang
SD dan SMP di Kabupaten Peringsewu diperlukan regulasi sebagai dasar penetapannya; (2)
Penerapan Sistem Informasi Kinerja Guru perlu mendapat dukungan komitmen dari stakeholder
mulai dari Bupati Pringsewu, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Pringsewu
dan Kepala Satuan Pendidikan (Sekolah); (3) Sistem Informasi Kinerja Guru perlu diperluas
implementasinya pada guru di jenjang pendidikan PAUD, Pendidikan Kesetaraan dan pengawas
sekolah; (5) Aplikasi e-presensi dan e-lapkin perlu dilakukan maintenance, update, dan
pemeliharan sistem secara berkesinambungan.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | pengembangan; sistem; informasi; kinerja; guru |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan > Prodi Pasca Sarjana Administrasi Pendidikan |
Depositing User: | Dani Wilian |
Date Deposited: | 28 Jul 2024 13:23 |
Last Modified: | 28 Jul 2024 13:23 |
URI: | http://repository.umpri.ac.id/id/eprint/1066 |