EVALUASI IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI DI SEKOLAH PENGGERAK PAUD KABUPATEN PRINGSEWU ( Studi evaluasi PAUD formal sekolah penggerak )

Rodiyah, Siti (2023) EVALUASI IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI DI SEKOLAH PENGGERAK PAUD KABUPATEN PRINGSEWU ( Studi evaluasi PAUD formal sekolah penggerak ). Masters thesis, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan.

[thumbnail of Halaman Depan]
Preview
Text (Halaman Depan)
Halaman Depan.pdf

Download (601kB) | Preview
[thumbnail of BAB 1]
Preview
Text (BAB 1)
BAB 1.pdf

Download (535kB) | Preview
[thumbnail of BAB 2]
Preview
Text (BAB 2)
BAB 2.pdf

Download (477kB) | Preview
[thumbnail of BAB 3]
Preview
Text (BAB 3)
BAB 3.pdf

Download (262kB) | Preview
[thumbnail of BAB 4] Text (BAB 4)
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[thumbnail of BAB 5] Text (BAB 5)
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (227kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf

Download (105kB) | Preview
[thumbnail of Lampiran]
Preview
Text (Lampiran)
Lampiran.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi implementasi pembelajaran
berdiferensiasi di sekolah penggerak paud kabupaten pringsewu dengan
menggunakan evaluasi CIPP (Contex, Input, Proses, Produk). Subjek penelitian
ini adalah sekolah penggerak paud formal angkatan ke dua yaitu TK Aisyah
Gading rejo, TK Islamiyah TK Yasmida 3. Penelitian ini menggunakan metode
penelitian kualitatif deskriptif. Tehnik pengumpulan data dalam penelitian ini
menggunakan instrumen berupa wawancara , observasi dan dokumentasi.
Analasisis data dilakukan dengan triangulasi yaitu; memadukan data hasil
observasi, wawancara dan dokumentasi. Berdasarkan hasil evaluasi yang
dilakukan di sekolah penggerak paud, penerapan pembelajaran berdiferensiasi
sudah terlaksana dengan efektif. Hal ini dapat terlihat dari konteks pembelajaran
berdiferensiasi, termasuk lingkungan sekolah dan dukungan staf administrasi serta
keberagaman karakteristik anak. Faktor input juga berperan penting, seperti
kurikulum yang sesuai, sumber daya yang memadai, materi pembelajaran yang
disesuaikan dengan kebutuhan siswa serta keterampilan guru dalam
merencanakan pembelajaran berdiferensiasi. Proses pembelajaran berdiferensiasi
melibatkan penggunaan strategi pembelajaran yang beragam sesuai dengan
kesiapan belajar siswa, minat dan profil belajar siswa. Hasil belajar siswa, seperti
pemahaman materi, keterampilan berpikir kritis, motivasi belajar, percaya diri,
partisipasi aktif siswa meningkat sebagai produk dari penerapan pembelajaran
berdiferensiasi. Rekomendasi dari penelitian ini adalah kepala sekolah melakukan
kegiatan pelatihan peningkatan kompetensi guru, membuat komunitas belajar di
sekolah, monitoring dan evaluasi secara berkala untuk memastikan efektivitas
implementasi pembelajaran berdiferensiasi di PAUD. Implikasi yang diperoleh
dari penelitian ini mencakup penyesuain kontekstual yang menyelelaraskan
dengan kurikulum sekolah melalui komitmen dari semua stake holder untuk
menciptakan lingkungan belajar yang menyenangkan dan bermakna serta
memfasilitasi sarana prasarana dalam melaksanakan pembelajaran berdiferensiasi.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: EVALUASI IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI DI SEKOLAH PENGGERAK PAUD KABUPATEN PRINGSEWU ( Studi evaluasi PAUD formal sekolah penggerak )
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan > Prodi Pasca Sarjana Administrasi Pendidikan
Depositing User: Dani Wilian
Date Deposited: 28 Jul 2024 21:48
Last Modified: 28 Jul 2024 21:48
URI: http://repository.umpri.ac.id/id/eprint/1068

Actions (login required)

View Item
View Item