Rosyadi, Rosyadi (2024) HUBUNGAN KUALITAS PELAYANAN KEPERAWATAN DENGAN KOMUNIKASI WORD OF MOUTH PADA PASIEN RAWAT INAP DI RSUD TULANG BAWANG BARAT TAHUN 2023. Masters thesis, Universitas Muhammadiyah Pringsewu.
ROSYADI-1-17.pdf
Download (901kB) | Preview
ROSYADI-18-26.pdf
Download (246kB) | Preview
ROSYADI-27-57.pdf
Download (412kB) | Preview
ROSYADI-58-68.pdf
Download (367kB) | Preview
ROSYADI-69-84.pdf
Download (175kB) | Preview
ROSYADI-85-87.pdf
Download (13kB) | Preview
ROSYADI-88-90.pdf
Download (119kB) | Preview
ROSYADI-91-115.pdf
Download (934kB) | Preview
Abstract
Kunjungan pasien rawat inap di RSUD Tulang Bawang Barat dalam rentang
waktu 3 tahun terakhir terjadi penurunan, pada tahun 2021 sebesar 1.146 pasien
dan menurun di tahun 2022 menjadi sebesar 968 pasien. Fenomena menurunnya
kunjungan pasien berbanding lurus dengan semakin meningkatnya pembicaraan
publik yang negatif terhadap RS tersebut. Berdasarkan penelusuran media online
ditemukan berita masih banyak warga masyarakat di Tulang Bawang Barat
memiliki pengalaman kurang baik terhadap pelayanan keperawatan dan
mengeluhkan pelayanan dinilai tidak memuaskan. Tujuan penelitian diketahui
hubungan kualitas pelayanan keperawatan dengan komunikasi Word Of Mouth
pada pasien rawat inap di RSUD Tulang Bawang Barat tahun 2023.
Desain penelitian survei analitik pendekatan cross sectional, populasi adalah
seluruh pasien rawat inap di RSUD Tulang Bawang Barat pada bulan Desember
2023 sebanyak 80 orang, sampel adalah seluruh pasien rawat inap pada tanggal 6
– 31 Desember 2023 sebanyak 80 orang, teknik pengambilan sampel
menggunakan accidental sampling. Analisis data univariat menggunakan
distribusi frekuensi prosentase dan analisa bivariat menggunakan uji chi square.
Hasil penelitian didapat distribusi frekuensi kualitas pelayanan keperawatan pada
pasien rawat inap lebih tinggi pada kategori kurang baik sebesar 48 orang (60,0%)
dan distribusi frekuensi komunikasi Word Of Mouth pada pasien rawat inap lebih
tinggi pada kategori negatif sebesar 52 orang (65,0%). Hasil uji chi square ada
hubungan kualitas pelayanan keperawatan dengan komunikasi Word Of Mouth
pada pasien rawat inap (p value = 0,000 < 0,05).
Diharapkan bagi manajemen pelayanan RSUD Tulang Bawang Barat secara
berkala mengadakan pelatihan tentang kualitas pelayanan keperawatan bagi
perawat, serta melakukan evaluasi terhadap hasil pelatihan dengan cara mengukur
kualitas pelayanan keperawatan secara langsung kepada pasien melalui survei
menggunakan instrumen kuesioner.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kualitas pelayanan, keperawatan, komunikasi, WOM |
Subjects: | R Medicine > RT Nursing |
Divisions: | Fakultas Kesehatan > Prodi S1 Keperawatan |
Depositing User: | S.I.Pust. Dani Wilian |
Date Deposited: | 29 Oct 2024 03:07 |
Last Modified: | 29 Oct 2024 03:07 |
URI: | http://repository.umpri.ac.id/id/eprint/1163 |