Rismawati, Devi (2021) PENGARUH EDUKASI CUCI TANGAN TERHADAP TINGKAT PENGETAHUAN TENTANG TEKNIK MENCUCI TANGAN ENAM LANGKAH SISWA SISWI SDN 1 SILIWANGI TAHUN 2021. Masters thesis, UMPRI.
file 1 COVER DEVI RISMAWATI.pdf
Download (434kB)
file 2 BAB I DEVI RISMAWATI.pdf
Download (308kB)
file 3 BAB II DEVI RISMAWATI.pdf
Download (413kB)
file 4 BAB III DEVI RISMAWATI.pdf
Download (125kB)
file 5 BAB IV DEVI RISMAWATI.pdf
Restricted to Registered users only
Download (110kB)
file 6 BAB V DEVI RISMAWATI.pdf
Restricted to Registered users only
Download (83kB)
file 7 DAFTAR PUSTAKA DEVI RISMAWATI.pdf
Download (90kB)
file 8 LAMPIRAN DEVI RISMAWATI.pdf
Download (1MB)
Abstract
PENGARUH EDUKASI CUCI TANGAN TERHADAP TINGKAT
PENGETAHUAN TENTANG TEKNIK MENCUCI TANGAN ENAM
LANGKAH SISWA SISWI SDN 1 SILIWANGI TAHUN 2021
Devi Rismawati
XVII + 44 halaman + 3 Gambar + 6 Tabel + 11 Lampiran
ABSTRAK
Perilaku hidup bersih dan sehat terutama mencuci tangan merupakan faktor penting dalam
mempengaruhi status kesehatan anak. Mencuci tangan dengan benar memiliki manfaat dalam
mencegah dan melindungi dari berbagai penyakit. Perilaku mencuci tangan dengan benar yang
masih rendah berpengaruh terhadap tingginya angka kesakitan dan kematian pada anak. Upaya
yang dapat meningkatkan pengetahuan serta pelaksnaan cuci tangan dengan benar adalah
dengan melakukan pendidikan kesehatan. Pendidikan kesehatan diharapkan dapat
meningkatkan pengetahuan pada anak sehingga dapat mempengaruhi perilaku anak dalam
mencuci tangan dengan benar. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Pengaruh edukasi
cuci tangan terhadap tingkat pengetahun tentang teknik mencuci tangan enam langkah siswa
Siswi di SDN 1 Siliwangi Tahun 2021.
Desain penelitian yang digunakan adalah praeksperimen dengan rancangan One Group Pretest
Posttest. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa siswi SD Kelas 4 dan mendapat edukai cuci
tangan di SD Negeri 1 siliwangi dengan sampel sebanyak 20 responden. Tekhnik sampling
yang digunakan adalah Total sampling. Analisa data menggunakan uji Paired test.
Hasil analisa univariat diketahui bahwa rata-rata pengetahuan responden sebelum diberikan
edukasi adalah 3.35 dan rata-rata pengetahuan responden sesudah diberikan edukasi adalah
5.35. Hasil analisa bivariat diketahui ada pengaruh edukasi cuci tangan terhadap tingkat
pengetahun tentang teknik mencuci tangan enam langkah siswa Siswi di SDN1 Siliwangi
Tahun 2021 dengan p-value yaitu 0.000. Bagi tenaga kesehatan untuk dapat memberikan
pendidikan kesehatan secara berkala tentang perilaku hidup sehat terutama tentang cara
mencuci tangan yang baik dan benar.
Kata Kunci : Edukasi, pengetahuan, mencuci tangan.
Kepustakaan : 27 (2011-2020).
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Edukasi, pengetahuan, mencuci tangan |
Subjects: | R Medicine > R Medicine (General) R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine |
Divisions: | Fakultas Kesehatan > Prodi S1 Keperawatan |
Depositing User: | Dani Wilian |
Date Deposited: | 14 Dec 2021 02:12 |
Last Modified: | 14 Dec 2021 02:12 |
URI: | http://repository.umpri.ac.id/id/eprint/124 |