Iswahyudi, Iswahyudi (2024) PENERAPAN PENDEKATAN SAINTIFIK DISERTAI APLIKASI MEDIA PEMBELAJARAN GEOGEBRA PADA MATERI BANGUN RUANG. Masters thesis, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan.
halaman pengesahan.pdf
Download (605kB) | Preview
BAB 1 PENDAHULUAN.pdf
Download (137kB) | Preview
BAB II TINJAUAN PUSTAKA.pdf
Download (1MB) | Preview
BAB III METODELOGI PENELITIAN.pdf
Download (288kB) | Preview
BAB IV PEMBAHASAN.pdf
Download (294kB) | Preview
BAB V PENUTUP.pdf
Download (40kB) | Preview
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Download (123kB) | Preview
LAMPIRAN.pdf
Download (1MB) | Preview
Abstract
Proses kegiatan pembelajaran matematika dikelas peserta didik tidak fokus pada materi
dikarenakan faktor external dan internal selama proses pembelajaran. Antara lain peserta
didik kurang fokus pada materi dan belum diterapkannya penggunaan media
pembelajaran yang menyebabkan pembelajaran kurang efektif. Guru berupaya untuk
mengefektifkan pembelajaran dengan menggunakan pendekatan saintifik namun hasil
belajar masih belum optimal pada materi bangun ruang. Oleh sebab itu untuk
mengoptimalkan hasil belajar peserta didik perlu menggunakan aplikasi media
pembelajaran untuk mempermudah dan membantu siswa memahami konsep matematika
yang diharapkan dapat memperoleh hasil belajar yang optimal. Maka dalam penelitian ini
kegiatan pembelajaran pada materi pokok bangun ruang menggunakan aplikasi media
pembelajaran GeoGebra.
Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif komparatif. Populasi dalam penelitian ini
adalah seluruh siswa kelas VII MTs AL-Khairiyah Talang Padang. Sampel dalam
penelitian adalah kelas VII B sebagai kelas eksperimen dan VIID sebagai kelas kontrol.
analisis data yang digunakan adalah Uji-t dengan prasyarat data telah diuji normalitas dan
homogenitas. Hasil uji t dua pihak yaitu thitung 3,534178 > ttabel 1.9989 yang berarti bahwa
terdapat perbedaan rata-rata hasil belajar peserta didik menggunakan penerapan
pendekatan saintifik disertai aplikasi media pembelajaran geogebra dengan yang tidak
menggunakan aplikasi media pembelajara GeoGebra. Selanjutnya uji t satu pihak yang
menunjukkan thitung 3,534178 > ttabel 1.6698 yang berarti bahwa rata-rata hasil belajar
peserta didik dalam penerapan pendekatan saintifik disertai aplikasi media pembelajaran
geogebra lebih baik dari rata-rata hasil belajar peserta didik tanpa disertai aplikasi media
pembelajaran GeoGebra.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | pendekatan saintifik, GeoGebra, hasil belajar |
Subjects: | L Education > L Education (General) Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan > Prodi S1 Pendidikan Matematika |
Depositing User: | S.I.Pust. Dani Wilian |
Date Deposited: | 20 Feb 2025 22:29 |
Last Modified: | 20 Feb 2025 22:29 |
URI: | http://repository.umpri.ac.id/id/eprint/1283 |