Fitriani, Pepi (2020) KEMAMPUAN MENYIMPULKAN ISI PANTUN ADAT MELALUI MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI. Masters thesis, Universitas Muhammadiyah Pringsewu.
Artikel.pdf
Download (918kB)
1. Halaman Depan.pdf
Download (1MB)
2. BAB I Pendahuluan.pdf
Download (764kB)
3. BAB II Tinjauan Pustaka.pdf
Download (1MB)
4. BAB III Metode Penelitian.pdf
Download (1MB)
5. BAB IV HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Registered users only
Download (1MB)
6. BAB V Kesimpulan dan saran.pdf
Restricted to Registered users only
Download (747kB)
7. Daftar Pustaka dan Lampiran.pdf
Download (721kB)
Abstract
ABSTRAK
KEMAMPUAN MENYIMPULKAN ISI PANTUN ADAT MELALUI MODEL
PEMBELAJARAN INKUIRI
Penelitian ini didasari rendahnya kemampuan menyimpulkan isi pantun adat pada
siswa. Salah satu dari beberapa model pembelajaran yang dapat digunakan untuk
meningkatkan kemampuan menyimpulkan isi pantun adat pada siswa berupa model
pembelajaran inkuiri. Keunggulan model pembelajaran inkuiri yaitu merupakan
pembelajaran yang menekankan kepada pengembangan aspek kognitif, afektif, dan
psikomotor secara seimbang, sehingga pembelajaran melalui model ini dianggap
lebih bermakna. Tujuan penelitian untuk meningkatkan kemampuan menyimpulkan
isi pantun adat siswa kelas VII semester genap SMP Muhammadiyah Pringsewu
Tahun Pelajaran 2019/2020.
Jenis penelitian eksperimen, desain yang digunakan adalah One-Shot Case Study
untuk mencari pengaruh perlakuan model pembelajaran inkuiri terhadap hasil belajar
kemampuan menyimpulkan isi pantun adat pada siswa. Populasi berjumlah 60 siswa,
Sampel kelas VII A berjumlah 24 orang yang memiliki kemampuan menyimpulkan
isi pantun adat belum mencapaui KKM nilai 70 dengan teknik purpositve sampling.
Teknik pengumpulan data penelitian digunakan tes. Teknik analisis data digunakan
statistik rumus uji-t.
Berdasarkan analisis data dan pengujian hipotesis, disimpulan, bahwa: “Melalui
model pembelajaran inkuiri dapat meningkatkan kemampuan menyimpulkan isi
pantun adat pada siswa kelas VII semester genap SMP Muhammadiyah Pringsewu
tahun pelajaran 2019/2020”. Hasil perhitungan menggunakan rumus statistik uji-t
didapatkan nilai t
= 11,15 signifikansi
5% ( = 0,05 dan N-1) diperoleh nilai
sebesar 2,07. Ini berarti, nilai t
hit
hit
> t
atau 11,15> 2,07 maka hipotesis diterima
dan peningkatanpun signifikan (berarti). Maksudnya, semakin baik model
tabel
pembelajaran inkuiri diterapkan dalam pembelajaran menyimpulkan isi pantun adat
semakin meningkat hasil belajar kemampuan menyimpulkan isi pantun adat pada
siswa.
Kata Kunci: menyimpulkan isi pantun adat, model pembelajaran inkuiri, hasil
belajar
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | menyimpulkan isi pantun adat, model pembelajaran inkuiri, hasil belajar. |
Subjects: | P Language and Literature > Bahasa dan Sastra Indonesia |
Divisions: | Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan > Prodi S1 Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia |
Depositing User: | Dani Wilian |
Date Deposited: | 30 Mar 2021 03:16 |
Last Modified: | 30 Mar 2021 03:16 |
URI: | http://repository.umpri.ac.id/id/eprint/32 |