ANALISIS KESALAHAN MAHASISWA DALAM MEMANIPULASI BENTUK ALJABAR UNTUK MENYELESAIKAN SOAL INTEGRAL TAK TENTU

LISAYANTI, DEWI RAKLI AGUSTI (2020) ANALISIS KESALAHAN MAHASISWA DALAM MEMANIPULASI BENTUK ALJABAR UNTUK MENYELESAIKAN SOAL INTEGRAL TAK TENTU. Masters thesis, Universitas Muhammadiyah Pringsewu.

[thumbnail of Halaman Depan - Abstrak - Daftar Pustaka] Text (Halaman Depan - Abstrak - Daftar Pustaka)
1. Halaman Depan.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of BAB 1 Pendahuluan] Text (BAB 1 Pendahuluan)
2. BAB 1 Pendahuluan.pdf

Download (815kB)
[thumbnail of BAB 2 Tinjauan Pustaka] Text (BAB 2 Tinjauan Pustaka)
3. BAB 2 Tinjauan Pustaka.pdf

Download (946kB)
[thumbnail of BAB 3 Metode Penelitian] Text (BAB 3 Metode Penelitian)
4. BAB 3 Metode Penelitian.pdf

Download (968kB)
[thumbnail of BAB 4 Hasil Penelitian dan Pembahasan] Text (BAB 4 Hasil Penelitian dan Pembahasan)
5. BAB 4 Hasil Penelitian dan Pembahasan.pdf
Restricted to Registered users only

Download (956kB)
[thumbnail of BAB 5 Simpulan dan Saran] Text (BAB 5 Simpulan dan Saran)
6. BAB 5 Simpulan dan Saran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (540kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
7. Daftar Pustaka.pdf

Download (616kB)
[thumbnail of Artikel] Text (Artikel)
Artikel.pdf

Download (849kB)

Abstract

ABSTRAK

ANALISIS KESALAHAN MAHASISWA DALAM MEMANIPULASI
BENTUK ALJABAR UNTUK MENYELESAIKAN SOAL INTEGRAL
TAK TENTU

Oleh
Dewi Rakli Agusti Lisayanti

Hasil observasi yang dilakukan peneliti pada mata kuliah Kalkulus II program
studi Pendidikan Matematika Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Universitas Muhammadiyah Pringsewu menunjukkan bahwa mahasiswa masih
sering melakukan kesalahan dalam menyelesaikan soal integral tak tentu.
Kesalahan tersebut terjadi karena kurang pahamnya mahasiswa dalam konsep
penggunaan manipulasi bentuk aljabar, sehingga kesalahan konsep menjadi
landasan utama adanya masalah dalam menyelesaikan soal integral tak tentu
dengan cara manipulasi bentuk aljabar. Penelitian ini memiliki tujuan
memberikan pengetahuan bagi pengembang ilmu pendidikan mengenai kesalahan
yang dilakukan mahasiswa dalam memanipulasi bentuk aljabar, serta agar
mahasiswa tidak mengulangi kembali kesalahan yang dilakukan serta paham
konsep penggunaan manipulasi bentuk aljabar dan dosen dapat lebih memotivasi
mahasiswa agar tidak melakukan kesalahan yang sama.

Penelitian ini berbentuk deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Subjek dalam
penelitian ini adalah mahasiswa angkatan 2017 yang mengambil matakuliah
Kalkulus II dengan kriteria mahasiswa yang melakukan kesalahan dalam
memanipulasi bentuk aljabar dengan jumlah 4 orang. Alat untuk mengumpulkan
data dalam penelitian ini berupa soal tes yang berbentuk uraian dan pedoman
wawancara.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa kesalahan yang dilakukan mahasiswa dalam
memanipulasi bentuk aljabar untuk menyelesaikan soal integral tak tentu adalah
kesalahan manipulasi pangkat dan kesalahan manipulasi bentuk integral
trigonometri.

Kata Kunci : Kesalahan, Manipulasi, Bentuk Aljabar

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci : Kesalahan, Manipulasi, Bentuk Aljabar
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan > Prodi S1 Pendidikan Matematika
Depositing User: Dani Wilian
Date Deposited: 05 May 2021 03:23
Last Modified: 05 May 2021 03:23
URI: http://repository.umpri.ac.id/id/eprint/45

Actions (login required)

View Item
View Item