ANALISIS DESKRIPTIF KETERLIBATAN GURU TERHADAP MINAT MEMBACA SISWA SD DI KECAMATAN ADILUWIH KABUPATEN PRINGSEWU

Ramadhan, Fajar (2021) ANALISIS DESKRIPTIF KETERLIBATAN GURU TERHADAP MINAT MEMBACA SISWA SD DI KECAMATAN ADILUWIH KABUPATEN PRINGSEWU. Masters thesis, Universitas Muhammadiyah Pringsewu.

[thumbnail of Halaman Depan] Text (Halaman Depan)
COVER FAJAR.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Bab 1] Text (Bab 1)
BAB 1 FAJAR.pdf

Download (86kB)
[thumbnail of Bab 2] Text (Bab 2)
BAB 2 FAJAR.pdf

Download (207kB)
[thumbnail of Bab 3] Text (Bab 3)
BAB 3 FAJAR.pdf

Download (665kB)
[thumbnail of Bab 4] Text (Bab 4)
BAB 4 FAJAR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)
[thumbnail of Bab 5] Text (Bab 5)
BAB 5 FAJAR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (117kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (86kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
LAMPIRAN FAJAR.pdf

Download (6MB)

Abstract

ABSTRAK
ANALISIS DESKRIPTIF KETERLIBATAN GURU TERHADAP MINAT
MEMBACA SISWA SD DI KECAMATAN ADILUWIH KABUPATEN
PRINGSEWU

Oleh
Fajar Ramadhan

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui keterlibatan guru terhadap minat
membaca siswa SD di kecamatan Adiluwih kabupaten Pringsewu.Arus globalisasi
pada abad 21 ini menawarkan banyak peluang dan tantangan bagi seluruh
masyarakat.Bagi bangsa Indonesia sendiri, globalisasi menuntut adanya sumber
daya manusia (SDM) yang profesional dan bermutu tinggi.Membaca adalah salah
satu keterampilan yang menunjang kehidupan seseorang. Membaca menjadi salah
satu keterampilan hidup yang dikembangkan melalui proses pembelajaran baik
secara formal maupun informal. Dalam hal ini tentunya juga tidak akan terlaksan
jika tanpa adanya campur tangan dari seorang guru yang berperan sebagai orang
tua dalam sekolah guru diharapkan dapat memberikan motivasi-motivasi dan
contoh yang baik dalam penerapan minat membaca anak sekolah. Sehingga
membuat anak akan lebih tergerak karna guru adalah seorang tauladan bagi anak.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif deskriptif dan
menggunakan angket, untuk penentuan sampel dalam penelitian ini menggunakan
teknik simple random sampling yang kemudian didapatkan 29 kepala sekolah, 73
guru, 73 teman sejawat guru, 97 siswa, dan 97 wali murid. hasil dari penelitian ini
menyatakan bahwa guru telah terlibat aktif dalam minat membaca siswa hal
tersebut dapat dilihat dari angket yang seluruhya mendapat nilai tertingga pada
pilihan jawaban sering kali.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Minat Membaca, Keterlibatan Guru
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan > Prodi S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: S.I.Pust. Riska Dwi Soffa
Date Deposited: 04 Apr 2022 06:01
Last Modified: 04 Apr 2022 06:01
URI: http://repository.umpri.ac.id/id/eprint/596

Actions (login required)

View Item
View Item