ANALISIS KESALAHAN JAWABAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL OPERASI HITUNG BILANGAN BULAT PADA SISWA SEKOLAH DASAR

Prassetio, Bima Dwi (2021) ANALISIS KESALAHAN JAWABAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL OPERASI HITUNG BILANGAN BULAT PADA SISWA SEKOLAH DASAR. Masters thesis, Universitas Muhammadiyah Pringsewu.

[thumbnail of Halaman Depan] Text (Halaman Depan)
COVER.pdf

Download (697kB)
[thumbnail of Bab 1] Text (Bab 1)
BAB 1.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Bab 2] Text (Bab 2)
BAB 2.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Bab 3] Text (Bab 3)
BAB 3.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Bab 4] Text (Bab 4)
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[thumbnail of Bab 5] Text (Bab 5)
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
DAPUS.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf

Download (4MB)

Abstract

Konteks penelitian ini ditemukan adanya kesalahan siswa saat menjawab soal operasi hitung bilangan bulat. Tujuan dari penelitian untuk mengidentifikasi dan memaparkan kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal operasi hitung bilangan bulat. Secara khusus penelitian ini mendeskripsikan (1) kesalahan konsep (2) kesalahan operasi hitung dan (3) kesalahan acak.
Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif. Obyek dalam penelitian ini meliputi kesalahan siswa dalam pengerjaan soal operasi hitungan bilangan bulat. Sedangkan Subyek penelitian terdiri dari siswa dan wali kelas V UPT SDN 3 Pringsewu Selatan. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data melalui wawancara dan dokumentasi. Penelitian ini menggunakan teknik analisis data yang terdiri dari tahapan reduksi, penyajian, dan penarikan kesimpulan. Usaha menguji kredibilitas data menggunakan teknik triangulasi yang dilakukan kepada siswa kelas V UPT SDN 3 Pringsewu Selatan.
Hasil penelitian ini menunjukan bahwa kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal operasi hitung bilangan bulat terdiri dari kesalahan konsep, kesalahan operasi hitung, dan kesalahan acak. Kesalahan konsep yang dilakukan oleh siswa terdiri atas 18 kesalahan dengan persentase 24%. Adapun kesalahan operasi hitung yang dilakukan oleh siswa terdiri atas 22 kesalahan dengan persentase 29,33%. Sedangkan kesalahan acak yang dilakukan oleh siswa terdiri atas 6 kesalahan dengan persentase 8%.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Matematika, Bilangan Bulat, Jenis Kesalahan.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan > Prodi S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Eka Noviana
Date Deposited: 05 Apr 2022 05:41
Last Modified: 05 Apr 2022 05:41
URI: http://repository.umpri.ac.id/id/eprint/619

Actions (login required)

View Item
View Item