PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL WHATSAPP DALAM INTERNALISASI MATERI PADA PEMBELAJARAN TEMATIK DIMASA PANDEMI COVID-19

Fadilah, Putri Rohmatul (2021) PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL WHATSAPP DALAM INTERNALISASI MATERI PADA PEMBELAJARAN TEMATIK DIMASA PANDEMI COVID-19. Masters thesis, Universitas Muhammadiyah Pringsewu.

[thumbnail of Halaman Depan] Text (Halaman Depan)
COVER.pdf

Download (700kB)
[thumbnail of BAB 1] Text (BAB 1)
BAB I.pdf

Download (174kB)
[thumbnail of BAB 2] Text (BAB 2)
BAB II.pdf

Download (294kB)
[thumbnail of BAB 3] Text (BAB 3)
BAB III.pdf

Download (341kB)
[thumbnail of BAB 4] Text (BAB 4)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (418kB)
[thumbnail of BAB 5] Text (BAB 5)
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (91kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (249kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
Lampiran.pdf

Download (2MB)

Abstract

Internalisasi merupakanupaya menghayati, memahami, serta
mendalami nilai, supaya nilai tersebut tertanam dalam diri setiap
manusia khususnya peserta didik.Kegiatan pembelajaran tematik yang
biasanya dilakukan di dalam kelas harus berubah menjadi
pembelajaran secara online.Masalah dalam penelitian ini adalah guru
diharuskan menggunakan metode pembelajaran online melalui
aplikasi WhatsApp.Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui
efektivitas penggunaan media sosial WhatsApp dalam internalisasi
materi pada pembelajaran tematik. Penentuan sampel menggunakan
Simple Random Sampling, mendapatkan 78 pendidikdari 40 sekolah
yang ada di kecamatan Pringsewu. Peneliti menggunakan analisis
deskriptif.
Hasil penelitian dan pembahasan yang telah penulis lakukan,
dapat disimpulkan bahwa penggunaan media sosial WhatsApp efektiv
digunakan dalam internalisasi materi pada pembelajaran tematik
sekolah dasar di Kecamatan Pringsewu dimasa pandemic Covid-19,
dibuktikan dengan,pendidik baik dalam hal memberikan contoh
ibadah, sangat baik dalam hal memberikan contoh kebersihan, baik
dalam hal memberikan contoh pergaulan sehari-hari, sangat baik
dalam hal melakukan absensi tepat waktu, sangat baik dalam hal
mengumpulkan tugas tepat waktu, baik dalam hal memberikan
nasehat yang dituangkan dalam materi pelajaran, baik dalam hal
memberikan nasehat yang dituangkan dalam soal latihan, baik dalam
hal memberikan pembelajaran mengenai peringatan hari-hari besar,
baik dalam hal melakukan mentoring, sangat baik dalam hal
melakukan komunikasi dengan orang tua, baik dalam hal memberikan
Reward, dan baik dalam hal memberikan Punishment.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Whatsapp, Internalisasi Materi, Pembelajaran Tematik.
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan > Prodi S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Dani Wilian
Date Deposited: 05 Apr 2022 05:39
Last Modified: 05 Apr 2022 05:39
URI: http://repository.umpri.ac.id/id/eprint/620

Actions (login required)

View Item
View Item