Nirmalasari, Devi Refika (2021) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN TEMATIK. Masters thesis, Universitas Muhammadiyah Pringsewu.
File 1.pdf
Download (1MB)
File 2.pdf
Download (168kB)
File 3.pdf
Download (237kB)
File 4.pdf
Download (151kB)
File 5.pdf
Restricted to Registered users only
Download (226kB)
File 6.pdf
Restricted to Registered users only
Download (39kB)
File 7.pdf
Download (164kB)
File 8.pdf
Download (4MB)
Abstract
Penelitian ini dilakukan pada siswa kelas IV SDN 1 Sinar Mulya Kec. Banyumas, Kab. Pringsewu. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) terhadap hasil belajar siswa pada pembelajaran tematik. Desain penelitian ini adalah penelitian quasi eksperimen dengan bentuk Non-Equivalent Control Group Design. Populasi pada penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas IV SDN 1 Sinar Mulya dengan total jumlah siswa sebanyak 56. Teknik pengambilan sampel yang digunakan yaitu Purposive Sampling. Instrument penelitian ini menggunakan tes berupa soal uraian. Analisis data yang digunakan yaitu teknik komperatif. Mengacu pada pengambilan keputusan uji hipotesis, hasil penelitian ini menunjukan bahwa nilai thitung 7,067 > ttabel 2,059 berartin Ho ditolak dan H1 diterima. Berdasarkan analisis data yang dilakukan dapat disimpulkan bahwa, telah terbukti : Terdapat Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran Tematik.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Problem Based Learning (PBL), Tematik, Hasil Belajar |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan > Prodi S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Eka Noviana |
Date Deposited: | 05 Apr 2022 05:41 |
Last Modified: | 05 Apr 2022 05:41 |
URI: | http://repository.umpri.ac.id/id/eprint/636 |