Aprianti, Mara (2021) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN IPA KELAS V SD NEGERI 9 WAY KHILAU. Masters thesis, Universitas Muhammadiyah Pringsewu.
FILE 1.pdf
Download (2MB)
FILE 2.pdf
Download (1MB)
FILE 3.pdf
Download (1MB)
FILE 4.pdf
Download (1MB)
FILE 5.pdf
Restricted to Registered users only
Download (1MB)
FILE 6.pdf
Restricted to Registered users only
Download (1MB)
FILE 7.pdf
Download (1MB)
FILE 8.pdf
Download (9MB)
Abstract
ABSTRAK
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING
TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN IPA
KELAS V SD NEGERI 9 WAY KHILAU
Oleh
MARA APRIANTI
17060145
Permasalahan pada penelitian ini adalah kurangnya keaktifan dan minat siswa
dalam mengikuti proses pembelajaran, pendidik masih menggunakan model
pembelajaran konvensional, dan rendahnya hasil belajar peserta didik pada
pembelajaran IPA kelas V, hal ini dibuktikan banyak peserta didik yang belum
mencapai nilai KKM. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model
pembelajaran discovery learningterhadap hasil belajar siswa. Jenis penelitian ini
adalah penelitian kuantitatif dengan desain quasi experimental desaign yang
berbentuknonequivalent control group desaign.
Penelitian ini dilaksanakan pada kelas V SD Negeri 9 Way KhilauKecamatan
Way Khilau Kabupaten Pesawaran. Waktu penelitian adalah semester genap tahun
ajaran 2020/2021. Populasi penelitian ini yaitu seluruh peserta didik kelas V SD
Negeri 9 Way Khilau yang berjumlah 47 peserta didik. Sampel penelitian
ditentukan menggunakan teknik purposive sampling yaitu teknik sampling jika
peneliti mempunyai pertimbangan tertentu di dalam pengambilan sampelnya.
Teknik pengumpulan data menggunakan tes (pretest dan posttes) dan
dokumentasi.
Hasil penelitian ini adalah terdapat pengaruh model pembelajaran discovery
learning terhadap hasil belajar siswa pada pembelajaran IPA kelas V SD Negeri 9
Way Khilau.
Berdasarkan dari hasil uji hipotesis mengggunakan uji paired sample
ttes nilai sig.(2-tailed) sebesar 0,000 < 0,05 maka H
o
ditolak dan H
a
diterima.
Dengan kata lain, terdapat pengaruh model pembelajaran discovery learning
terhadap hasil belajar siswa kelas V pada pembelajaran IPA.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Discovery Learning, Hasil Belajar, Pembelajaran IPA |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan > Prodi S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | S.I.Pust. Riska Dwi Soffa |
Date Deposited: | 05 Apr 2022 05:41 |
Last Modified: | 05 Apr 2022 05:41 |
URI: | http://repository.umpri.ac.id/id/eprint/641 |