PEMBELAJARAN MENULIS KALIMAT EFEKTIF SISWA TUNARUNGU KELAS VI SDLB N PRINGSEWU PADA MASA PANDEMI COVID-19

Fauziya, Dziya (2021) PEMBELAJARAN MENULIS KALIMAT EFEKTIF SISWA TUNARUNGU KELAS VI SDLB N PRINGSEWU PADA MASA PANDEMI COVID-19. Masters thesis, Universitas Muhammadiyah Pringsewu.

[thumbnail of Halaman Depan] Text (Halaman Depan)
FILE 1 COVER DLL.pdf

Download (989kB)
[thumbnail of Bab 1] Text (Bab 1)
FILE 2 BAB I.pdf

Download (156kB)
[thumbnail of Bab 2] Text (Bab 2)
FILE 3 BAB II.pdf

Download (208kB)
[thumbnail of Bab 3] Text (Bab 3)
FILE 4 BAB III.pdf

Download (99kB)
[thumbnail of Bab 4] Text (Bab 4)
FILE 5 BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (703kB)
[thumbnail of Bab 5] Text (Bab 5)
FILE 6 BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (87kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
FILE 7 DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (150kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
FILE 8 LAMPIRAN-LAMPIRAN.pdf

Download (4MB)

Abstract

Siswa tunarungu mengalami hambatan dalam segi bicaranya. Hal tersebut
menyebabkan siswa tunarungu mengalami kesulitan dalam proses menyesuaikan
diri. Siswa tunarungu berkomunikasi dengan temannya menggunakan tulisan
dalam bentuk kalimat akan tetapi kalimat yang disampaikan siswa tunarungu
masih terbalik-balik. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui
pembelajaran menulis kalimat efektif bagi siswa tunarungu pada masa pandemi
covid-19. Metode yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan deskriptif
kualitatif. Data yang diperoleh melalui wawancara, observasi dan dokumentasi.
Semua data yang diperoleh kemudian dianalisis dengan tahapan reduksi data, data
display, dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil analisis bahwa
pembelajaran menulis kalimat efektif siswa tunarungu kelas VI pada masa
pandemi covid-19 kurang maksimal karena pada tahapan-tahapan kegiatan
pembelajaran guru tidak melaksanakannya, seperti guru tidak memberikan
motivasi kepada peserta didik, guru tidak menjelaskan tujuan pembelajaran
kalimat efektif, guru tidak melibatkan peserta didik dalam mencari kalimat efektif
pada saat proses pembelajaran berlangsung, guru tidak memfasilitasi peserta didik
untuk berinteraksi antara guru dan siswa, guru tidak memfasilitasi peserta didik
secara aktif dalam kegiatan menulis kalimat efektif, guru tidak menyimpulkan
hasil pembelajaran kalimat efektif bersama siswa, guru tidak memberikan umpan
balik yang terkait dengan pembelajaran menulis kalimat efektif, dan guru tidak
memberikan tugas tindak lanjut seperti pekerjaan rumah kepada peserta didik.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: pembelajaran, kalimat efektif, tunarungu, covid-19
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan > Prodi S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Eka Noviana
Date Deposited: 05 Apr 2022 05:41
Last Modified: 05 Apr 2022 05:41
URI: http://repository.umpri.ac.id/id/eprint/646

Actions (login required)

View Item
View Item