Sari, Ria Restiana (2021) PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) TERHADAP KETERAMPILAN INTELEKTUAL SISWA PADA PEMBELAJARAN PPKn KELAS IV SD NEGERI 2 AIR NANINGAN. Masters thesis, Universitas Muhammadiyah Pringsewu.
COVER RIA.pdf
Download (900kB)
BAB 1 RIA.pdf
Download (177kB)
BAB 2 RIA.pdf
Download (385kB)
BAB 3 RIA.pdf
Download (571kB)
BAB 4 RIA.pdf
Restricted to Registered users only
Download (350kB)
BAB 5 RIA.pdf
Restricted to Registered users only
Download (149kB)
DAPUS RIA.pdf
Download (291kB)
LAMPIRAN RIA_compressed.pdf
Download (819kB)
Abstract
Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh model Problem Based
Learning (PBL) terhadap keterampilan intelektual siswa pada pembelajaran PPKn
kelas IV SD Negeri 2 Air Naningan. Penelitian ini menggunakan pendekatan
kuantitatif dengan tipe penelitian eksperimen dan jenis penelitian yang digunakan
adalah Quasi Eksperiment. Populasi dan sampel dalam penelitian ini adalah
seluruh siswa kelas IV SD Negeri 2 Air Naningan yang terdiri dari 2 kelas.
Teknik analisis data menggunakan analisis statistik deskriptif dengan bantuan
program SPSS for windows 20.
Penelitian dilakukan dengan Merancang dan membuat perangkat
pembelajaran seperti lembar pre-test, post-test, silabus, dan RPP yang disesuaikan
dengan model pembelajaran yang akan diberikan pada kelas eksperimen dan kelas
kontrol untuk melihat pengaruh model pembelajaran tersebut terhadap
keterampilan intelektual siswa.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa model Problem Based Learning
(PBL) berpengaruh terhadap keterampilan intelektual siswa pada pembelajaran
PPKn kelas IV SD Negeri 2 Air Naningan. Hal tersebut dapat dilihat dari hasil
post test siswa pada pembelajaran PPKn kelas IV SD Negeri 2 Air Naningan pada
kelas eksperimen yang diberi perlakuan menggunakan model Problem Based
Learning (PBL) diperoleh nilai rata-rata post test 82.40 dan kelas kontrol yang
diberi perlakuan menggunakan model konvensional (ceramah) mendapatkan nilai
rata-rata post test 72.42. Berdasarkan hasil uji paired sample t-test pada kelompok
eksperimen diperoleh t
hitung
30.044 > t
1.729 dengan nilai sig. (2-tailed) sebesar
0.000 < 0.05. Artinya bahwa pembelajaran menggunakan model Problem Based
Learning (PBL) berpengaruh signifikan terhadap keterampilan intelektual siswa
pada pembelajaran PPKn.
tabel
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Problem Based Learning, Intelektual, Pembelajaran PPKn |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan > Prodi S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Dani Wilian |
Date Deposited: | 05 Apr 2022 07:27 |
Last Modified: | 05 Apr 2022 07:27 |
URI: | http://repository.umpri.ac.id/id/eprint/654 |