PENGGUNAAN LITERASI VISUAL DI KELAS VI SISWA SD N 1 PAJARAGUNG

Ristiani, Rita (2021) PENGGUNAAN LITERASI VISUAL DI KELAS VI SISWA SD N 1 PAJARAGUNG. Masters thesis, Universitas Muhammadiyah Pringsewu.

[thumbnail of Halaman Depan] Text (Halaman Depan)
SKRIPSI RITA RISTIANI (REVISI 1)(1).pdf

Download (6MB)
[thumbnail of BAB 1] Text (BAB 1)
SKRIPSI RITA RISTIANI (REVISI 1)(1)_2.pdf

Download (734kB)
[thumbnail of BAB 2] Text (BAB 2)
SKRIPSI RITA RISTIANI (REVISI 1)(1)_3.pdf

Download (756kB)
[thumbnail of BAB 3] Text (BAB 3)
SKRIPSI RITA RISTIANI (REVISI 1)(1)_4.pdf

Download (738kB)
[thumbnail of BAB 4] Text (BAB 4)
SKRIPSI RITA RISTIANI (REVISI 1)(1)_5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (756kB)
[thumbnail of BAB 5] Text (BAB 5)
SKRIPSI RITA RISTIANI (REVISI 1)(1)_6.pdf
Restricted to Registered users only

Download (610kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
SKRIPSI RITA RISTIANI (REVISI 1)(1)_7.pdf

Download (588kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
SKRIPSI RITA RISTIANI (REVISI 1)(1)_8.pdf

Download (5MB)

Abstract

Siswa sekolah dasar cenderung menyukai hal yang konkret dan
berwarna. Namun pada kenyataanya di sekolah anak masih belajar
dengan abstrak. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan
penggunaan literasi visual di kelas VI SD N 1 Pajaragung. Metode yang
digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif deskriptif. Objek dari
penelitian ini adalah penggunaan literasi visual. Pengumpulan data
dilakukan dengan observasi dan dokumentasi berupa foto dan vidio.
Observasi yang dilakukan berupa pengamatan di luar kelas sewaktu guru
mengaplikasikan pembelajaran penggunaan literasi visual di kelas VI SD
N 1 Pajaragung. Semua data yang diperoleh kemudian dianalisis dengan
tahapan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Berdasarkan hasil analisis, terdapat 5 indikator yang sudah terpenuhi
dalam proses pembelajaran penggunaan literasi visual yaitu ; 1)
pengetahuan tentang kosakata visual meliputi gerak dari bahasa visual 2)
pengetahuan tentang aturan visual meliputi tanda visual dan makna yang
disetujui secara sosial 3) penalaran visual meliputi berfikir logis dan
koheren mengenai suatu gambar 4) pandangan kritis meliputi berfikir
kritis terhadap visual 5) asosiasi visual meliputi kemampuan
menghubungkan bentuk-bentuk visual yang menampilkan kesatuan tema

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: literasi visual, berbicara, pidato
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan > Prodi S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Dani Wilian
Date Deposited: 06 Apr 2022 04:34
Last Modified: 06 Apr 2022 04:34
URI: http://repository.umpri.ac.id/id/eprint/657

Actions (login required)

View Item
View Item