PENGARUH KECERDASAN INTRAPERSONAL DAN INTERPERSONAL TERHADAP MOTIVASI BELAJAR MATEMATIKA PESERTA DIDIK DI KABUPATEN PRINGSEWU

Maulani, Esti (2021) PENGARUH KECERDASAN INTRAPERSONAL DAN INTERPERSONAL TERHADAP MOTIVASI BELAJAR MATEMATIKA PESERTA DIDIK DI KABUPATEN PRINGSEWU. Masters thesis, Universitas Muhammadiyah Pringsewu.

[thumbnail of Halaman Depan] Text (Halaman Depan)
Cover, Abstrak, Kata Pengantar, Daftar Isi, DLL.pdf

Download (776kB)
[thumbnail of Bab 1] Text (Bab 1)
BAB I.pdf

Download (139kB)
[thumbnail of Bab 2] Text (Bab 2)
BAB II.pdf

Download (203kB)
[thumbnail of Bab 3] Text (Bab 3)
BAB III.pdf

Download (230kB)
[thumbnail of Bab 4] Text (Bab 4)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (459kB)
[thumbnail of Bab 5] Text (Bab 5)
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (81kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (93kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf

Download (5MB)

Abstract

Motivasi belajar adalah suatu energi yang ada di dalam diri seseorang untuk melakukan sesuatu dengan tujuan memperoleh perubahan tingkah laku yang ditandai dengan perasaan dan reaksi dalam berinteraksi dengan lingkungan untuk mencapai suatu tujuan yang ingin dicapai. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kecerdasan intrapersonal dan interpersonal terhadap motivasi belajar matematika peserta didik di Kabupaten Pringsewu.
Jenis penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif kuantitatif, dengan menggunakan metode penelitian Ex post facto. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas IV SD Negeri Gugus 1 Kecamatan Sukoharjo yang berjumlah 97 siswa. Teknik pengambilan data yaitu menggunakan teknik proporsional random sampling. Peneliti mengambil sampel dengan menggunakan rumus dari Taro Yamane dan Slovin sehingga diperoleh sampel sebanyak 78 responden. Data di analisis dengan teknik analisis statistika deskriptif, dan analisis akhir (pengujian hipotesis) menggunakan uji regresi berganda.
Hasil penelitian yang diperoleh menunjukkan bahwa, ada pengaruh yang signifikan antara kecerdasan intrapersonal dan kecerdasan interpersonal terhadap motivasi belajar matematika peserta didik di Kabupaten Pringsewu, hal ini dibuktikan dengan nilai Fhitung 14,629 > Ftabel 3,12, atau Ho ditolak dan Ha diterima.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Kecerdasan Intrapersonal, Kecerdasan Interpersonal, Motivasi Belajar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan > Prodi S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Eka Noviana
Date Deposited: 06 Apr 2022 04:34
Last Modified: 06 Apr 2022 04:34
URI: http://repository.umpri.ac.id/id/eprint/658

Actions (login required)

View Item
View Item