Fanilasari, Rizma (2021) PENGARUH VIDIO PEMBELAJARAN MENGGUNAKAN YOUTUBE SEBAGAI MEDIA AJAR DALAM MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP BANGUN DATAR DI SD NEGERI 4 TIUH MEMON TAHUN 2021. Masters thesis, Universitas Muhammadiyah Pringsewu.
FILE 1 COVER DLL (Rizma Fanilasari 17060168).pdf
Download (1MB)
FILE 2 BAB I.pdf
Download (104kB)
FILE 2 BAB I.pdf
Download (104kB)
FILE 3 BAB II.pdf
Download (176kB)
FILE 4 BAB III.pdf
Download (198kB)
FILE 5 BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (200kB)
FILE 6 BAB V.pdf
Restricted to Registered users only
Download (32kB)
FILE 7 DAFTAR PUSTAKA.pdf
Download (155kB)
FILE 8 LAMPIRAN.pdf
Download (1MB)
Abstract
Suatu strategi pembelajran sangatlah penting dalam proses pembelajaran.
Penerapan sebuah strategi pembelajaran hendaknya lebih menarik minat dan
motivasi peserta didik. Namun pada kenyataannya di SDN 4 Tiuh Memon,
pembelajaran matematika masih dilakukan dengan menggunakan pendekatan
pelajaran yang masih monoton, proses pembelajarannya guru masih
menggunakan satu strategi pembelajaran saja dan siswa masih banyak
mendengarkan. Strategi pembelajaran vidio youtobe sebagai media ajar,
mempermudah siswa dalam memahami konsep bangun datar matematika.
Strategi pembelajaran ini mengandung unsur vido belajar sehingga diharapkan
siswa tidak bosan dalam belajar, dan dapat melatih peserta didik untuk lebih
aktif dalam pembelajaran matematika dan trampil mengerjakan soal yang
diberikan.Tujuan penelitian yang ingin dicapai yaitu untuk mengetahui
pengaruh penerapan startegi pembelajaran vidio youtube sebagai media ajar
terhadap pemahaman konsep bangun datar peserta didik kelas IV SDN 4 Tiuh
Memon.
Penelitian ini merupakan penelitian eksperimental semu. Variabel dalam
penelitian ini adalah strategi vidio youtube sebagai media ajar sebagai variable
bebas yang disimbolkan dengan X dan pemahaman konsep bangun datar
matematika sebagai variable terikat yang disimbolkan dengan Y. Subyek dalam
penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SD N 4 Tiuh Memon yang
berjumlah 49 orang didapat peserta didik kelas IV A berjumlah 25 pserta didik
dan IV B yang berjumlah 24 peserta didik.
Dalam proses pengumpulan data, Penulis menggunakan metode tes.
Kemudian analisis yang penulis gunakan adalah uji Anova dengan taraf
signifikan α = 5%. Kriteria Uji jika F
hitung
iii
> F
tabel
maka Ho ditolak. Dari hasil
penghitungan analisis uji anova ini didapat F
hitung
yaitu 18,1364,05.
Sehingga H
1
> F
tabel
diterima yang berarti bahwa rata-rata hasil belajar matematika
dengan menggunakan strategi vidio youtube sebagai media ajar tidak sama
dengan hasil belajar matematika dengan menggunakan metode konvensional.
Hal ini dapat disimpulkan bahwa strategi vidio youtube sebagai media ajar
berpengaruh terhadap pemahaman konsep bangun datar matematika peserta
didik kelas IV di SDN 4 Tiuh Memon.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Vidio Pembelajaran Youtube, Pemahaman Konsep |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan > Prodi S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Dani Wilian |
Date Deposited: | 06 Apr 2022 04:34 |
Last Modified: | 06 Apr 2022 04:34 |
URI: | http://repository.umpri.ac.id/id/eprint/661 |