ANALISIS MANAJEMEN PEMBELAJARAN TEMATIK DI KELAS IV SD NEGERI 1 SINARMULYA PADA MASA PANDEMI COVID 19

Triwiani, Sela (2021) ANALISIS MANAJEMEN PEMBELAJARAN TEMATIK DI KELAS IV SD NEGERI 1 SINARMULYA PADA MASA PANDEMI COVID 19. Masters thesis, Universitas Muhammadiyah Pringsewu.

[thumbnail of Halaman Depan] Text (Halaman Depan)
FILE 1 COVER-DAFTAR LAMPIRAN.pdf

Download (545kB)
[thumbnail of BAB 1] Text (BAB 1)
FILE 2 BAB 1.pdf

Download (210kB)
[thumbnail of BAB 2] Text (BAB 2)
FILE 3 BAB 2.pdf

Download (784kB)
[thumbnail of BAB 3] Text (BAB 3)
FILE 4 BAB 3.pdf

Download (171kB)
[thumbnail of BAB 4] Text (BAB 4)
FILE 5 BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (203kB)
[thumbnail of BAB 5] Text (BAB 5)
FILE 6 BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (89kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
FILE 7 DAFPUS.pdf

Download (178kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
FILE 8 LAMPIRAN.pdf

Download (4MB)

Abstract

Pada masa pandemi Covid 19 saat ini aktivitas pembelajaran harus dilakukan secara daring
(online). Guru SD Negeri 1 Sinarmulya dituntut untuk merancang dan mendesain manajemen
pembelajaran secara daring. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui perencanaan
pembelajaran, pengorganisasian pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran, dan evaluasi
pembelajaran di Kelas IV SD Negeri 1 Sinarmulya. Penelitian ini menggunakan pendekatan
kualitatif dengan metode deskriptif. Subjek penelitian ini adalah guru kelas IV SD Negeri 1
Sinarmulya. Teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi.
Hasil penelitian ini menunjukan bahwa perencanaan pembelajaran yang dibuat oleh guru SD
Negeri 1 Sinarmulya sudah direncanakan sesuai indikator yang diterapkan dengan melakukan
penyusunan RPP dan silabus yang dibuat secara bersama-sama oleh tim gugus.
Pengorganisasian pembelajaran yang dibuat dengan menyelengarakan proses pembelajaran
yang optimal, menetapkan jadwal pembelajaran yang efektif, dan membentuk mekanisme
pembelajaran yang baik. Pelaksanaan pembelajaran yang dilaksanakan oleh guru SD Negeri 1
Sinarmulya hanya bersifat umum. Hal ini disebabkan oleh keterbatasan penggunaan fasilitas
pembelajaran daring. Evaluasi yang dilakukan guru dilakukan secara objektif terhadap hasil
yang diperoleh siswa. Penilaian yang dilakukan untuk melihat kemajuan belajar peserta didik
dalam hal penguasaan materi pengajaran yang telah dipelajari.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Manajemen Pembelajaran, Tematik, SD
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan > Prodi S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Dani Wilian
Date Deposited: 06 Apr 2022 06:57
Last Modified: 06 Apr 2022 06:57
URI: http://repository.umpri.ac.id/id/eprint/666

Actions (login required)

View Item
View Item