ANALISIS KEDISIPLINAN SISWA SEKOLAH DASAR DALAM MENGIKUTI PEMBELAJARAN DARING DI MASA PANDEMI COVID-19

Septiyanah, Septiyanah (2021) ANALISIS KEDISIPLINAN SISWA SEKOLAH DASAR DALAM MENGIKUTI PEMBELAJARAN DARING DI MASA PANDEMI COVID-19. Masters thesis, Universitas Muhammadiyah Pringsewu.

[thumbnail of Halaman Depan] Text (Halaman Depan)
File 1.pdf

Download (810kB)
[thumbnail of BAB 1] Text (BAB 1)
File 2.pdf

Download (142kB)
[thumbnail of BAB 2] Text (BAB 2)
File 3.pdf

Download (171kB)
[thumbnail of BAB 3] Text (BAB 3)
File 4.pdf

Download (226kB)
[thumbnail of BAB 4] Text (BAB 4)
File 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (631kB)
[thumbnail of BAB 5] Text (BAB 5)
File 6.pdf
Restricted to Registered users only

Download (80kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
File 7.pdf

Download (97kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
File 8_compressed.pdf

Download (1MB)

Abstract

Disiplin adalah suatu kondisi yang tercipta dan terbentuk melalui proses
dari serangkaian perilaku yang menunjukkan nilai-nilai ketaatan, kepatuhan,
kesetiaan keteraturan dan ketertiban. Tujuan penelitian ini adalah untuk
mengetahui klasifikasi tingkat kedisiplinan siswa sekolah dasar dalam mengikuti
pembelajaran daring yang tergambar dari data-data statistik mengenai
kedisiplinan siswa sekolah dasar yang berada di Kecamatan Pringsewu.
Jenis penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif kuantitatif, dengan
menggunakan metode survey. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa sekolah
dasar se-Kecamatan Pringsewu yang berjumlah 6.704 siswa. Teknik pengambilan
data yaitu menggunakan teknik sample random samplin. Peneliti menentukan
sampel dengan menggunakan rumus solvin sehingga diperoleh sempel sebanyak
98 siswa. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan instrumen
angket yang dibagikan kepada tiga responden penelitian yaitu, siswa sebagai data
primer, orang tua dan guru sebagai data sekunder. Data di analisis dengan
menggunakan analisis deskriptif dan uji prasyarat analisis data. Uji validitas
dilakukan dengan menggunakan uji pearson product moment . Sedangkan untuk
mengetahui uji reliabilitas yaitu menggunakan rumus crobach alpha.
Hasil penelitian yang diperoleh menunjukkan bahwa, kedisiplinan siswa
sekolah dasar dalam mengikuti pembelajaran daring di SD Kecamatan Pringsewu
yang diperolah dari responden siswa memperoleh hasil sebesar 66,43 sehingga
dapat disimpulkan bahwa kedisiplinan siswa sekolah dasar dalam mengikuti
pembelajaran daring di masa pandemi covid-19 berkategori tinggi

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: kedisiplinan siswa, pembelajaran daring
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan > Prodi S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Dani Wilian
Date Deposited: 07 Apr 2022 03:48
Last Modified: 07 Apr 2022 03:48
URI: http://repository.umpri.ac.id/id/eprint/672

Actions (login required)

View Item
View Item