Ardiansyah, Surya (2021) IMPLEMENTASI GERAKAN LITERASI SEKOLAH PADA PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI SD NEGERI 2 SINARBARU TIMUR. Masters thesis, Universitas Muhammadiyah Pringsewu.
FILE 1 COVER.pdf
Download (868kB)
FILE 2 BAB I.pdf
Download (160kB)
FILE 3 BAB II.pdf
Download (296kB)
FILE 4 BAB III.pdf
Download (160kB)
FILE 5 BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (216kB)
FILE 6 BAB V.pdf
Restricted to Registered users only
Download (91kB)
FILE 7 DAFTAR PUSTAKA.pdf
Download (143kB)
FILE 8 LAMPIRAN.pdf
Download (2MB)
Abstract
ABSTRAK
IMPLEMENTASI GERAKAN LITERASI SEKOLAH PADA
PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI SD NEGERI 2 SINARBARU
TIMUUR
Oleh :
SURYA ARDIANSYAH
17060025
Keterampilan membaca, menulis dan berbicara merupakan hal yang sangat
penting dalam hidup. Semua proses belajar didasarkan pada kemampuan
membaca, menulis dan berbicara. Membaca, menulis dan berbicara merupakan
bagian penting dari literasi sekolah, tujuan dari penelitian ini untuk melihat
bagaimana pelaksanaan Gerakan Literasi Sekolah pada pembelajaran Bahasa
Indonesia di SD Negeri 2 Sinarbaru Timur, dan apa saja faktor pendukung dan
kesulitan dalam pelaksanaan gerakan literasi sekolah.
Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan teknik pengumpulan data
wawancara, observasi dan dokumentasi. Informan pada penelitian ini meliputi
kepala sekolah dan guru kelas 1-6. Teknik analisis data pada penelitian ini
menggunakan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian yang diperoleh menunjukkan bahwa implementasi gerakan
literasi sekolah pada pembelajaran Bahasa Indonesia di SD Negeri 2 Sinarbaru
Timur sudah berjalan dengan baik. Hal ini dibuktikan dengan indikator literasi
yang telah sesuai, seperti melakukan setiap tahapan sebelum melakukan gerakan
implementasi sekolah, selama melakukan gerakan literasi sekolah dan sesudah
melakukan gerakan literasi sekolah pada pembelajaran Bahasa Indonesia. Faktor
pendukung implementasi gerakan literasi sekolah di SDN 2 Sinarbaru Timur yaitu
sarana dan prasarana sekolah yang sudah mendukung dalam proses literasi
tersebut. Sedangkan kesulitannya yaitu beberapa peserta didik mengalami
beberapa kesulitan saat proses gerakan implemetasi dilaksanakan, namun
kesulitan itu dapat di atasi oleh guru kelas 1-6 pada saat proses gerakan literasi
sekolah dilakukan.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Implementasi Gerakan Literasi Sekolah |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan > Prodi S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | S.I.Pust. Riska Dwi Soffa |
Date Deposited: | 07 Apr 2022 06:55 |
Last Modified: | 07 Apr 2022 06:55 |
URI: | http://repository.umpri.ac.id/id/eprint/678 |