PENGGUNAAN APLIKASI WHATSAPP DALAM MEMBANTU PEMECAHAN SOAL HOTS (HIGHER ORDER THINKING SKILLS) DIMASA PANDEMI COVID-19

Alkah, Taqiyuddin (2021) PENGGUNAAN APLIKASI WHATSAPP DALAM MEMBANTU PEMECAHAN SOAL HOTS (HIGHER ORDER THINKING SKILLS) DIMASA PANDEMI COVID-19. Masters thesis, Universitas Muhammadiyah Pringsewu.

[thumbnail of Halaman Depan] Text (Halaman Depan)
FILE 1.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Bab 1] Text (Bab 1)
FILE 2.pdf

Download (318kB)
[thumbnail of Bab 2] Text (Bab 2)
FILE 3.pdf

Download (569kB)
[thumbnail of Bab 3] Text (Bab 3)
FILE 4.pdf

Download (570kB)
[thumbnail of Bab 4] Text (Bab 4)
FILE 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[thumbnail of Bab 5] Text (Bab 5)
FILE 6.pdf
Restricted to Registered users only

Download (188kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
FILE 7.pdf

Download (228kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
FILE 8.pdf

Download (6MB)

Abstract

ABSTRAK
PENGGUNAAN APLIKASI WHATSAPP DALAM MEMBANTU
PEMECAHAN SOAL HOTS (HIGHER ORDER THINKING
SKILLS) DIMASA PANDEMI COVID-19
Oleh
TAQIYUDDIN ALKAH

Pandemi covid-19 menyebabkan perubahan pada bidang pendidikan. Pemerintah
mengeluarkan kebijakan baru dimana kegiatan pembelajaran dilaksanakan tanpa
tatap muka secara langsung melainkan secara online atau E-learning. Pada sekolah
dasar aplikasi yang sering digunakan adalah Whatssapp. Penelitian ini bertujuan
untuk Mendeskripsikan penggunaan aplikasi whatsapp dalam membantu
pemecahan soal matematika berbasis HOTS.
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif. Adapun subjek dalam
penelitian ini adalah pendidik kelas V dan Kepala sekolah SDN 1 Panggungrejo
Utara serta objek penelitian adalah peserta didik kelas V. Sumber data diperoleh
dari hasil wawancara dengan kepala sekolah, pendidik kelas V, observasi, dan
dokumentasi, serta tes yang diberikan pada peserta didik. Penelitian ini
menggunakan analisis data Miles dan Huberman. Penelitian ini dilaksanakan di
SDN 1 Panggungrejo Utara pada 2-16 Juni 2021.
Hasil dari penelitian ini menyatakan bahwa kegiatan pembelajaran menggunanakan
aplikasi whatssapp dapat membantu memecahkan soal HOTS namun kurang
maksimal. Hal ini dibuktikan dengan tingkat keberhasilan peserta didik yang
mampu mendapatkan nilai diatas KKM sebesar 58%. Dalam membantu
memecahkan soal HOTS aplikasi whatssapp tidak bisa berdiri sendiri melainkan
butuh dukungan dari aplikasi laian seperti youtube untuk membantu pendidik
menyampaikan materi.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: E-learning, whatsapp, HOTS
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan > Prodi S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: S.I.Pust. Riska Dwi Soffa
Date Deposited: 08 Apr 2022 01:26
Last Modified: 08 Apr 2022 01:26
URI: http://repository.umpri.ac.id/id/eprint/680

Actions (login required)

View Item
View Item