MENGUNGKAPKAN ISI TABEL ATAU GRAFIK KE DALAM KALIMAT EFEKTIF SISWA KELAS X SEMESTER GENAP SMA BINA MULYA GADINGREJO TAHUN PELAJARAN 2017-2018

Rahayu, Eka Tutut (2018) MENGUNGKAPKAN ISI TABEL ATAU GRAFIK KE DALAM KALIMAT EFEKTIF SISWA KELAS X SEMESTER GENAP SMA BINA MULYA GADINGREJO TAHUN PELAJARAN 2017-2018. Masters thesis, Universitas Muhammadiyah Pringsewu.

[thumbnail of Halaman Depan] Text (Halaman Depan)
skripsi eka terbaru_1.pdf

Download (784kB)
[thumbnail of Bab 1] Text (Bab 1)
skripsi eka terbaru_2.pdf

Download (175kB)
[thumbnail of Bab 2] Text (Bab 2)
skripsi eka terbaru_3.pdf

Download (213kB)
[thumbnail of Bab 3] Text (Bab 3)
skripsi eka terbaru_4.pdf

Download (298kB)
[thumbnail of Bab 4] Text (Bab 4)
skripsi eka terbaru_5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (279kB)
[thumbnail of Bab 5] Text (Bab 5)
skripsi eka terbaru_6.pdf
Restricted to Registered users only

Download (91kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
skripsi eka terbaru_7.pdf

Download (88kB)

Abstract

Hasil observasi yang peneliti lakukan di SMA Bina Mulya Gadingrejo Kelas X
Semester II menunjukkan bahwa kemampuan mengungkapkan secara tertulis isi tabel
atau grafik ke dalam beberapa kalimat efektif dengan kriteria kurang. Untuk itu perlu
diteliti tentang kemampuan siswa tersebut. Rumusan masalah penelitian ini adalah
mengungkapkan secara tertulis isi tabel atau grafik ke dalam beberapa kalimat
efektif? Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kemampuan siswa dalam
mengungkapkan secara tertulis isi tabel atau grafik ke dalam beberapa kalimat efektif
tahun pelajaran 2017-2018. Adapun pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini
adalah pendekatan kuantitatif dengan metode kualitatif. Populasi dalam penelitian ini
adalah seluruh siswa kelas X Semester II Tahun pelajaran 2017-2018 yang berjumlah
34 yang terbagi menjadi 2 kelas dengan jumlah sampel yang diambil sebanyak 34
siswa. Penempatan sampel dalam penelitian ini adalah dengan tehnik proposional
random sampling. Pengumpulan data hasil (tes, observasi, dan wawancara) siswa
dinilai secara keseluruhan, hasil yang diperoleh dari tes tersebut menggunakan rumus
statistik dengan rumusan persentase skor sebagai berikut.
Skor siswa
N ( Nilai Akhir Siswa ) = x Bobot
Skor maksimal
Berdasarkan analisis data yang penulis lakukan diperoleh kesimpulan bahwa siswa
SMA Bina Mulya Gadingrejo Kelas X Semester II dikategorikan kurang mampu
dalam menulis hasil wawancara ke dalam bentuk paragraf narasi. Adapun tes yang
diberikan untuk menulis hasil wawancara ke dalam bentuk paragraf narasi yaitu,
Kesesuaian informasi isi dengan tabel atau grafik yang terdapat dalam teks bacaan,
Kesesuaian isi rangkuman dengan tabel atau grafik yang terdapat dalam teks bacaan,
Ketepatan aspek kebahasaan (kalimat, ejaan, tanda baca).

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Kemampuan, mengungkapkan, isi tabel, grafik, kalimat efektif
Subjects: P Language and Literature > Bahasa dan Sastra Indonesia
Divisions: Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan > Prodi S1 Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Eka Noviana
Date Deposited: 17 May 2022 05:05
Last Modified: 17 May 2022 05:05
URI: http://repository.umpri.ac.id/id/eprint/816

Actions (login required)

View Item
View Item