PENGARUH MEDIA GAMBAR TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS TEKS ANEKDOT PADA SISWA

Andriatma, Reza Ilham (2021) PENGARUH MEDIA GAMBAR TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS TEKS ANEKDOT PADA SISWA. Masters thesis, Universitas Muhammadiyah Pringsewu.

[thumbnail of Halaman Depan] Text (Halaman Depan)
reza2_1.pdf

Download (963kB)
[thumbnail of Bab 1] Text (Bab 1)
reza2_2.pdf

Download (763kB)
[thumbnail of Bab 2] Text (Bab 2)
reza2_3.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Bab 3] Text (Bab 3)
reza2_4.pdf

Download (914kB)
[thumbnail of Bab 4] Text (Bab 4)
reza2_5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[thumbnail of Bab 5] Text (Bab 5)
reza2_6.pdf
Restricted to Registered users only

Download (810kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
reza2_7.pdf

Download (720kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
reza2_8.pdf

Download (1MB)

Abstract

Menulis merupakan sebuah proses kreatif menuangkan gagasan dalam bentuk
bahasa tulis dengan tujuan, misalnya memberitahu, menyakinkan atau menghibur.
Teks anekdot berbentuk cerita di dalamnya mengandung humor sekaligus kritik,
karena berisi kritik, anekdot sering kali bersumber dari kisah-kisah faktual dengan
tokoh nyata yang terkenal. Media gambar adalah segala sesuatu yang diwujudkan
secara visual kedalam bentuk dua dimensi sebagai curahan ataupun pikiran yang
bermacam-macam seperti lukisan, potret, slide, film, strip, opaque proyektor.
Rumusan masalah penelitian ini adalah apakah penerapan media gambar dapat
meningkatkan kemampuan menulis teks anekdot pada siswa kelas X SMK
Muhammadiyah Ambarawa tahun pelajaran 2021-2022?. Tujuan penelitian ini
adalah untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam menulis teks anekdot kelas
X SMK Muhammadiyah Ambarawa tahun pelajaran 2021-2022. Penelitian ini
bersifat kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini ialah siswa SMA
Muhammdiyah Ambarawa. Alat pengumpulan data dalam penelitian ini
menggunakan metode observasi dan uji tes. Penelitian ini dilakukan dengan
memeriksa lembar jawaban siswa, menggelompokkan jenis kesalahan dalam
menulis teks anekdot, melakukan penilaian, dan uji t. Hasil penelitian
membuktikan bahwa rata-rata skor kemampuan siswa dalam menulis teks anekdot
pre-test adalah 69,20 dengan skor minimum 56,67 dan skor maksimum 78,33.
Setelah dilakukan pembelajaran diketahui rata-rata skor kemampuan siswa dalam
menulis teks anekdot posttest adalah 76,67 dengan skor minimum 66,67 dan skor
maksimum 93,33. Dengan demikian, rata-rata peningkatan kemampuan siswa
dalam menulis teks anekdot sebesar 14,13. Penerapan media gambar dapat
meningkatkan kemampuan menulis teks anekdot pada siswa kelas X SMK
Muhammadiyah Ambarawa tahun pelajaran 2021-2022, hal tersebut dibuktikan
dari nilai thitung 4,338 > ttabel yaitu 1,703, dengan signifikansi p (0,000) < ∝
(0,05) yang artinya bahwa Ha diterima. Dari hasil penelitian ini, diharapkan dapat
bermanfaat bagi pembaca, untuk penelitian selanjutnya dapat dijadikan acuan
pada jenis penelitian yang lain atau sebagai bahan perbandingan antara penelitian
yang satu dengan yang lain

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: menulis, teks anekdot, media gambar
Subjects: P Language and Literature > Bahasa dan Sastra Indonesia
Divisions: Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan > Prodi S1 Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Eka Noviana
Date Deposited: 25 May 2022 06:19
Last Modified: 25 May 2022 06:19
URI: http://repository.umpri.ac.id/id/eprint/875

Actions (login required)

View Item
View Item