Badri, Muhammad Faisal (2021) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA WAYANG FLANEL TERHADAP KEMAMPUAN ANALISIS SISWA SEKOLAH DASAR. Masters thesis, Universitas Muhammadiyah Pringsewu.
File 1. Muhammad Faisal Badri (17060093).pdf
Download (552kB)
File 2. Muhammad Faisal Badri (17060093).pdf
Download (398kB)
File 3. Muhammad Faisal Badri (17060093).pdf
Download (744kB)
File 4. Muhammad Faisal Badri (17060093).pdf
Download (808kB)
File 5. Muhammad Faisal Badri (17060093).pdf
Restricted to Registered users only
Download (1MB)
File 6. Muhammad Faisal Badri (17060093).pdf
Restricted to Registered users only
Download (184kB)
File 7. Muhammad Faisal Badri (17060093).pdf
Download (526kB)
File 8. Muhammad Faisal Badri (17060093).pdf
Download (2MB)
Abstract
Media pembelajaran merupakan salah satu komponen yang memiliki peranan
penting dalam kegiatan belajar mengajar guna tercapainya tujuan pembelajaran.
Tujuan pendidikan dalam ranah kognitif memiliki 6 tingkatan yaitu mengingat,
memahami, menerapkan, menganalisis, mengevaluasi dan mencipta.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media wayang
flanel terhadap kemampuan analisis siswa sekolah dasar kelas IV UPT SD Negeri
2 Bandungbaru. Pendekatan penelitian ini adalah kuantitatif. Jenis penelitian
adalah Pre Experimental design dengan desain penelitian one group pretestposttest
design. Variabel terikat pada penelitian ini yaitu kemampuan analisis
siswa, sedangkan variabel bebasnya adalah media wayang flanel. Populasi pada
penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV UPT SD Negeri 2 Bandungbaru.
Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah menggunakan soal tes.
Teknik analisis data yang digunakan untuk menguji hipotesis yaitu menggunakan
uji regresi.
Dari hasil penelitian, disimpulkan bahwa terdapat pengaruh penggunaan media
wayang flanel terhadap kemampuan analisis siswa kelas IV UPT SD Negeri 2
Bandungbaru Pringsewu Lampung. Diperoleh F
hitung
17,694, sedangkan F
4,26
pada taraf signifikansi 5%. Kriteria Uji F, maka F
hitung
> F
(17,694 > 4,26)
yang artinya signifikan, sehingga Ho ditolak. Media wayang flanel memberikan
sumbangan sebesar 42,4% terhadap kemampuan analisis siswa. Kemampuan
analisis siswa diantaranya yaitu kemampuan membedakan, kemampuan
mengorganisasi atau mengelompokkan, dan kemampuan menghubungkan atau
mengaitkan.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | media wayang flanel, kemampuan analisis, sekolah dasar |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan > Prodi S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Dani Wilian |
Date Deposited: | 27 Mar 2023 05:43 |
Last Modified: | 27 Mar 2023 05:43 |
URI: | http://repository.umpri.ac.id/id/eprint/972 |