PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN MIND MAPPING TERHADAP HASIL BELAJAR KOGNITIF PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS V UPT SDN 3 GADINGREJO

Alfa Ridho, Rio (2023) PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN MIND MAPPING TERHADAP HASIL BELAJAR KOGNITIF PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS V UPT SDN 3 GADINGREJO. -.

[thumbnail of Artikel] Text (Artikel)
ARTIKEL RIO ALFA RIDHO.pdf

Download (304kB)

Abstract

Mind Mapping merupakan salah satu konsep belajar yang paling revoluisoner di dunia pendidikan.
Model Mind Mapping yaitu cara mencatat yang kreatif, efektif dan memetakan pikiran-pikiran kita
secara menarik juga inovatif dan mudah serta tidak membosankan karena dalam pembuatannya
sendiri terdiri dari kata-kata, warna, garis, dan simbol. Tujuan Pembelajaran dengan
menggunakan model Mind Mapping yakni memberikan kemudahan dalam pembuatan catatan
yang kreatif bagi peserta didik dalam memahami isi pembelajaran serta meningkatkan hasil
belajar. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif menggunakan
pendekatan Pre Experimental Desain sedangkan desain yang digunakan dalam penelitian ini
adalah One Group Pretest-Posttest Design, dimana populasi dalam penelitian ini adalah peserta
didik kelas V UPT SDN 3 Gadingejo. Instrumen yang digunakan berupa tes (soal pembelajaran
IPA). Soal terlebih dahulu dilakukan uji validitas dan reliabilitas. Teknik analisis data yang
digunakan pada penelitian ini adalah uji normalitas dan uji homogenitas kemudian dilanjutkan
ke uji hipotesis. Berdasarkan hasil perhitungan analisis data yang digunakan diperoleh bahwa
t
hitung
lebih besar dari pada t
tabel
yaitu 8.455 > 1,734. Sehingga dapat disimpulkan bahwa ada
pengaruh signifikan model pembelajaran Mind Mapping terhadap hasil belajar kognitif peserta
didik pada mata pelajaran IPA kelas V UPT SDN 3 Gadingrejo.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Pengaruh Signifikan Model Pembelajaran Mind Mapping, Hasil Belajar Kognitif
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan > Prodi S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Dani Wilian
Date Deposited: 31 Jul 2023 06:52
Last Modified: 31 Jul 2023 06:52
URI: http://repository.umpri.ac.id/id/eprint/982

Actions (login required)

View Item
View Item