Asmara, Ira PENGARUH METODE BRAINSTORMING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA DALAM PEMBELAJARAN SBDP KELAS IV DI SD NEGERI 2 BANDUNG BARU. -.
ARTIKEL IRA & Endang wahyuni.pdf
Download (311kB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya pengaruh metode brainstorming terhadap
kemampuan berpikir kreatif siswa dalam pembelajaran SBdP kelas IV di SD Negeri 2
Bandung Baru. Metode yang digunakan adalah metode kuantitatif dengan menggunakan
desain Pre-Eksperimental dengan bentuk One Group Pretest-Posttest Design. Populasi dan
Sampel dalam penelitian ini yaitu seluruh peserta didik kelas IV SD Negeri 2 Bandung Baru
yang berjumlah 19 orang. Instrumen pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini
berupa tes unjuk kerja, wawancara, dan dokumentasi. Dari hasil pengujian hipotesis (uji-t)
menggunakan uji paired sample test sebesar 0,000 < 0,05 dapat disimpulkan bahwa terdapat
pengaruh metode brainstorming terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa dalam
pembelajaran SBdP kelas IV di SD Negeri 2 Bandung Baru.
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Metode Brainstorming, Kemampuan Berpikir Kreatif, SBdP |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan > Prodi S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Dani Wilian |
Date Deposited: | 31 Jul 2023 07:09 |
Last Modified: | 31 Jul 2023 07:09 |
URI: | http://repository.umpri.ac.id/id/eprint/983 |