PENGARUH VIDEO PEMBELAJARAN TERHADAP HASIL BELAJAR SISWAPADA PEMBELAJARAN TEMATIKSDN 2 SUKAMAJU

Putri, Aulia Dwi (2022) PENGARUH VIDEO PEMBELAJARAN TERHADAP HASIL BELAJAR SISWAPADA PEMBELAJARAN TEMATIKSDN 2 SUKAMAJU. Masters thesis, Universitas Muhammadiyah Pringsewu.

[thumbnail of Halaman Depan] Text (Halaman Depan)
1. COVER.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Bab 1] Text (Bab 1)
2. BAB I.pdf

Download (453kB)
[thumbnail of Bab 2] Text (Bab 2)
2 BAB II.pdf

Download (383kB)
[thumbnail of Bab 3] Text (Bab 3)
3 BAB III.pdf

Download (466kB)
[thumbnail of Bab 4] Text (Bab 4)
4. BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (527kB)
[thumbnail of Bab 5] Text (Bab 5)
5. BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (184kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
6. DAPUS.pdf
Restricted to Registered users only

Download (185kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
7. LAMPIRAN.pdf

Download (4MB)

Abstract

Peneliti ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar menggunakan video pembelajaran dengan hasil belajar menggunakan metode ceramah, jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan strategi eksperimen. Penelitian ini dilakukan pada siswa kelas III SDN 2 Sukamaju Kec. Pugung Kab. Tanggamus. Desain penelitian ini adalah quasi eksperimen dengan menggunakan bentuk non-equivalent control group design Populasi pada penelitian ini yaitu siswa kelas III SDN 2 Sukamaju yaitu kelas III A berjumlah 19 orang dan III B berjumlah 19 orang. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah cluster random sampling . Instrumen penelitian ini menggunakan tes berupa soal pilihan ganda. Teknik analisis pada penggunaan ini menggunakan uji independent sampel T-tes. Hasil penelitian ini adalah terdapat peningkatan hasil belajar siswa materi Pradja Muda Karana tematik tema 8. Ditunjukkan taraf signifikan pada pengujian hipotesis menggunakan uji independent sampel T-test. Mengacu pada pengambilan keputusan uji hipotesis, hasil penelitian ini menunjukkan bahwa nilai thitung0.086 > ttabel 0.05 sehingga dapat dinyatakan bahwa hipotesis dapat di terima, artinya ada perbedaan hasil belajar siswa menggunakan video pembelajaran dengan hasil belajar siswa menggunakan metode ceramah, dan hasil belajar siswa menggunakan video pembelajaran lebih baik dari pada hasil belajar siswa menggunakan metode ceramah.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: tematik, media video pembelajaran, hasil belajar
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan > Prodi S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Eka Noviana
Date Deposited: 18 Aug 2023 03:05
Last Modified: 18 Aug 2023 03:05
URI: http://repository.umpri.ac.id/id/eprint/995

Actions (login required)

View Item
View Item