PENGARUH PENGGUNAAN GAME BASED LEARNING TERHADAP MINAT BELAJAR PADA SISWA SEKOLAH DASAR

Nur Alif, Dian (2022) PENGARUH PENGGUNAAN GAME BASED LEARNING TERHADAP MINAT BELAJAR PADA SISWA SEKOLAH DASAR. Masters thesis, Universitas Muhammadiyah Pringsewu.

[thumbnail of Halaman Depan] Text (Halaman Depan)
COVER D.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Bab 1] Text (Bab 1)
BAB 1 d.pdf

Download (584kB)
[thumbnail of Bab 2] Text (Bab 2)
BAB 2 d.pdf

Download (854kB)
[thumbnail of Bab 3] Text (Bab 3)
BAB 3 d.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Bab 4] Text (Bab 4)
BAB 4 d.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[thumbnail of Bab 5] Text (Bab 5)
BAB 5 d.pdf
Restricted to Registered users only

Download (552kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
dapus d.pdf

Download (467kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
LAMPIRAN d .pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh minat belajar siswa yang masih rendah yang ditunjukan dengan aktivitas siswa saat pembelajaran berlangsung terutama pada muatan pembelajaran IPS. Meningkatkan minat belajar siswa sangat penting dilakukan. Minat merupakan salah satu aspek tujuan yang ingin dicapai dalam pembelajaran. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penggunaan game based learning terhadap minat belajar siswa sekolah dasar.
Penelitian ini menggunakan penelitian semu (Quasi Eksperiment) menggunakan desain penelitian non equivalent control group desaign. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa di UPT SDN 2 Sukoharjo 3. Sampel dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VA dan VB di UPT SDN 2 Sukoharjo 3 yang berjumlah 35 siswa. Instrumen pengumpulan data dilakukan dengan angket game based learning dan minat belajar. Data yang diperoleh, dianalisis menggunakan analisis deskriptif dan uji prasyarat analisis yang digunakan yaitu uji normalitas data, uji homogentas data, uji independent sample t-test dan uji N-Gain berbantuan dengan Program SPSS 18 For Windows.
Hasil analisis data diperoleh nilai rata-rata minat belajar siswa menggunakan metode game based learning sebesar 162,00. Sedangkan nilai rata-rata minat belajar siswa menggunakan metode tanya jawab berbantu power point interaktif sebesar 133,12. Hasil penelitian menunjukan bahwa hasil analisis uji-t diperoleh nilai sig. (2 Tailed) 0,000 < 0,005 sehingga dapat disimpulkan Ada Pengaruh Penggunaan Game Based Learning Terhadap Minat Belajar Siswa SD.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Game Based Learning, Minat Belajar Siswa SD
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan > Prodi S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Eka Noviana
Date Deposited: 24 Aug 2023 04:07
Last Modified: 24 Aug 2023 04:07
URI: http://repository.umpri.ac.id/id/eprint/998

Actions (login required)

View Item
View Item