Tantri, Agata Alvi Dwi (2023) PENGEMBANGAN E-LKPD BERBASIS CANVA MELALUI LIVEWORKSHEETS DALAM MENUNJANG PROSES PENILAIAN PEMBELAJARAN MATEMATIKA SD. Masters thesis, Universitas Muhammadiyah Pringsewu.
1. LEMBAR COVER, PENGESAHAN DLL.pdf
Download (713kB) | Preview
2. BAB I.pdf
Download (449kB) | Preview
3. BAB II.pdf
Download (2MB) | Preview
4. BAB III.pdf
Download (695kB) | Preview
5. BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (2MB)
6. BAB V.pdf
Restricted to Registered users only
Download (330kB)
7. DAFTAR PUSTAKA.pdf
Download (439kB) | Preview
8. LAMPIRAN.pdf
Download (19MB) | Preview
9. ARTIKEL AGATA ALVI DWI TANTRI.pdf
Download (787kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh perkembangan era 5.0, dan rendahnya
pengembangan E-LKPD yang bertujuan untuk mengembangkan produk E-LKPD,
dengan menguji kelayakan produk, mengetahui respon pendidik dan peserta didik
terhadap penggunaan E-LKPD dan mengetahui kefektifan penggunaan E-LKPD
berbasis canva melalui liveworksheets dalam menunjang proses penilaian
pembelajaran matematika SD.
Penelitian ini menggunakan metode pengembangan R&D dengan model Dick and
Carey yang terdiri dari 10 tahapan. LKPD didesain menggunakan aplikasi canva
dan diintegrasikan melalui website liveworksheets untuk dijadikan E-LKPD.
Terdapat dua tempat penelitian yakni di SDN 2 Panutan dan SDN 1 Sidodadi
dengan subjek penelitian peserta didik kelas V. Sumber data diperoleh
berdasarkan wawancara, dokumentasi dan hasil uji coba produk. Teknik analisis
yang digunakan adalah teknik kualitatif dan kuantitatif. Produk E-LKPD telah
diuji kelayakannya oleh validasi ahli materi memperoleh hasil 92,94%, validasi
ahli media diperoleh hasil 76,47%, angket respon pendidik pada uji coba
kelompok kecil dan kelompok sedang diperoleh hasil 92% dengan hasil respon
peserta didik sebesar 94%. Pada uji coba kelompok besar diperoleh hasil respon
pendidik sebesar 94,46% dengan hasil respon peserta didik 95%.
Berdasarkan hasil uji anova diperoleh hasil signifikan posttest kurang dari
probabilitas yaitu pada kelompok kecil dan kelompok sedang 0,049 < 0,05
sedangkan hasil kelompok besar 0,001 < 0,05 sehingga disimpulkan bahwa
penggunaan E-LKPD berbasis canva melalui liveworksheets dikatakan efektif
digunakan dalam menunjang proses penilaian pembelajaran matematika SD,
namun untuk urutan keefektifannya terbagi menjadi dua yakni urutan pertama
adalah kelompok besar dengan nilai 86,9500 sedangkan urutan kedua adalah
kelompok sedang dengan nilai 80,1333 dan kelompok kecil dengan nilai 78,2143
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | E-LKPD, Canva, Liveworksheets dan Matematika |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan > Prodi S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Dani Wilian |
Date Deposited: | 22 May 2024 07:38 |
Last Modified: | 22 May 2024 07:38 |
URI: | http://repository.umpri.ac.id/id/eprint/1047 |