PENERAPAN PENGGUNAAN MEDIA AUGMENTED REALITY MELALUI MODEL CTL PADA PEMBELAJARAN TEMATIK SISWA KELAS VI SD MUHAMMADIYAH AMBARAWA

Lutfiana, Atika (2022) PENERAPAN PENGGUNAAN MEDIA AUGMENTED REALITY MELALUI MODEL CTL PADA PEMBELAJARAN TEMATIK SISWA KELAS VI SD MUHAMMADIYAH AMBARAWA. Masters thesis, Universitas Muhammadiyah Pringsewu.

[thumbnail of Halaman Depan]
Preview
Text (Halaman Depan)
Halaman Depan.pdf

Download (368kB) | Preview
[thumbnail of BAB 1]
Preview
Text (BAB 1)
BAB 1.pdf

Download (110kB) | Preview
[thumbnail of BAB 2]
Preview
Text (BAB 2)
BAB 2.pdf

Download (286kB) | Preview
[thumbnail of BAB 3]
Preview
Text (BAB 3)
BAB 3.pdf

Download (131kB) | Preview
[thumbnail of BAB 4] Text (BAB 4)
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (350kB)
[thumbnail of BAB 5] Text (BAB 5)
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (93kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf

Download (171kB) | Preview
[thumbnail of Lampiran]
Preview
Text (Lampiran)
Lampiran.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Rendahnya pemahaman guru terhadap penggunaan media pembelajaran
sehingga proses pembelajaran kurang efektif. Oleh karena itu, perlu
ditingkatkan kemampuan guru dalam menggunakan media pembelajaran
yang bervariasi. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mendeskripsikan respon
peserta didik, efektivitas penerapan media augmented reality, penerapan
penggunaan media augmented reality, dan cara mengatasi kendala
penerapan penggunaan augmented reality.

Penelitian ini mengunakan jenis penelitian kualitatif deskriptif. Metode
dan alat pengumpulan data menggunakan observasi dan wawancara.
Informan dalam pengumpulan data yaitu pendidik dan peserta didik kelas
VI.A SD Muhammadiyah Ambarawa. Teknik analisis data yang
digunakan adalah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.

Hasil data diperoleh bahwa Penerapan Penggunaan Media Augmented
Reality Melalui Model CTL pada pembelajaran tematik telah dilaksanakan
dengan efektif. Hal ini ditunjukkan dengan telah tersedianya perangkat
media yang menarik dan penggunaannya masih sangat jarang. Respon
yang diberikan peserta didik juga bermacam – macam. Selain itu, media
augmented reality ini juga sangat cocok direkomendasikan ke mata
pelajaran yang lain.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Penerapan, Augmented reality
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan > Prodi S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Dani Wilian
Date Deposited: 05 Jul 2024 02:51
Last Modified: 05 Jul 2024 02:51
URI: http://repository.umpri.ac.id/id/eprint/1054

Actions (login required)

View Item
View Item