Hidayatullah, Asep (2024) UBUNGAN PELAKSANAAN SENTRALISASI OBAT TERHADAP KEPUASAN PASIEN RAWAT INAP DI RUMAH SAKIT UMUM WISMA RINI PRINGSEWU TAHUN 2024. Masters thesis, Universitas Muhammadiyah Pringsewu.
FILE 1 (BAGIAN DEPAN).pdf
Download (1MB) | Preview
FILE 2 (BAB I).pdf
Download (363kB) | Preview
FILE 3 (BAB II).pdf
Download (348kB) | Preview
FILE 4 (BAB III).pdf
Download (623kB) | Preview
FILE 5 (BAB IV).pdf
Download (492kB) | Preview
FILE 6 (BAB V).pdf
Download (234kB) | Preview
FILE 7 (DAFTAR PUSTAKA).pdf
Download (359kB) | Preview
FILE 8 (LAMPIRAN).pdf
Download (1MB) | Preview
Abstract
Latar Belakang: Seiring perkembangan, perawat dituntut terlibat dalam kontrol dan
pengelolaan minum obat pasien atau sentralisasi obat. Pengelolaan sentralisasi yang
optimal adalah salah satu cara untuk meningkatkan mutu pelayanan keperawatan.
Pelayanan keperawatan yang optimal akan meningkatkan kepuasan pasien sehingga mutu
pelayanan rumah sakit akan meningkat juga. Sistem sentralisasi obat digunakan untuk
keamanan dan mempermudah pasien dalam menggunaan obat selama perawatan di ruang
rawat inap rumah sakit sehingga tidak adanya medical eror dalam pengelolaan obat.
Selain itu diharapkan dapat meningkatkan kepuasan pasien sehingga selalu diatas standart
minimum kepuasan pasien untuk pelayanan yang diberikan instansi yang ditetapkan oleh
Kementerian Kesehatan Indonesia yaitu minimum 95%. Belum banyak dilakukan
penelitian terkait sentralisasi obat dan bagaimana hubungan sentralisasi obat dengan
kepuasan pasien. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui Hubungan Sentralisasi Obat
Terhadap Kepuasan Pasien di Rumah Sakit Wisma Rini Tahun 2024.
Metode Penelitian: Penelitian ini merupakan penelitian analitik kuantitatif dengan
design Cros-sectional. Teknik sampling menggunakan Purposive Sampling dengan total
responden sebanyak 96 responden. Analisa data menggunakan uji Chi Square.
Hasil: Haji uji menunjukkan p value 0.000 < 0,05 sehingga dapat disimpulkan adanya
hubungan yang signifikan antara sentralisasi obat terhadap kepuasan pasien di Rumah
Sakit Umum Wisma Rini tahun 2024. Nilai Odd Ratio (OR) 8.33 (CI 95% : 2.96 –
23.41) sehingga disimpulkan pasien yang diberlakukan sentralisasi dengan baik memiliki
peluang sebesar 8.33 untuk merasa puas dengan pelayanan sentralisasi obat dibanding
yang tidak diberlalukan sentralisasi.
Kesimpulan: Adanya hubungan Sentralisasi Obat Terhadap Kepuasan Pasien. Sehingga
diharapkan rutin melakukan survei untuk memonitoring dan mengevaluasi kepuasan
pasien termasuk sentralisasi obat di rumah sakit.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kepuasan Pasien, Rumah Sakit, Sentralisasi Obat |
Subjects: | R Medicine > R Medicine (General) R Medicine > RT Nursing |
Divisions: | Fakultas Kesehatan > Prodi S1 Keperawatan |
Depositing User: | Dani Wilian |
Date Deposited: | 07 Oct 2024 06:44 |
Last Modified: | 07 Oct 2024 06:44 |
URI: | http://repository.umpri.ac.id/id/eprint/1083 |