HUBUNGAN KOMUNIKASI TERAPEUTIK PERAWAT DENGAN TINGKAT KEPUASAN PELAYANAN KEPERAWATAN DI RUANG RAWAT INAP DI RSUD PRINGSEWU TAHUN 2024

Evangelina, Egidea Pranata (2024) HUBUNGAN KOMUNIKASI TERAPEUTIK PERAWAT DENGAN TINGKAT KEPUASAN PELAYANAN KEPERAWATAN DI RUANG RAWAT INAP DI RSUD PRINGSEWU TAHUN 2024. Masters thesis, Universitas Muhammadiyah Pringsewu.

[thumbnail of Halaman Depan]
Preview
Text (Halaman Depan)
1 BAGIAN DEPAN.pdf

Download (963kB) | Preview
[thumbnail of BAB 1]
Preview
Text (BAB 1)
BAB I.pdf

Download (426kB) | Preview
[thumbnail of BAB 2]
Preview
Text (BAB 2)
BAB II.pdf

Download (713kB) | Preview
[thumbnail of BAB 3]
Preview
Text (BAB 3)
BAB III.pdf

Download (595kB) | Preview
[thumbnail of BAB 4]
Preview
Text (BAB 4)
BAB IV.pdf

Download (509kB) | Preview
[thumbnail of BAB 5]
Preview
Text (BAB 5)
BAB V.pdf

Download (307kB) | Preview
[thumbnail of Daftar Pustaka]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (427kB) | Preview
[thumbnail of Lampiran]
Preview
Text (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Kepuasan pasien menjadi tanggung jawab dari pihak pemberi layanan kesehatan. Fasilitas
dan pelayanan yang diberikan sesuai dengan apa yang diharapkan maka tidak menutup
kemungkinan pasien tersebut akan datang kembali untuk berobat. Pasien yang merasa
tidak puas terhadap layanan kesehatan dipengaruhi oleh faktor komunikasi perawat dalam
memberikan pelayanan. Banyak fenomena komunikasi perawat yang tidak enak di dengar
oleh keluarga pasien dan pasien. Selain faktor komunikasi, mutu pelayanan kesehatan,
penjadwalan dinas perawat, kemampuan perawat dalam menjelaskan tentang program
pengobatan dan proses penyakit mempengaruhi tingkat kepuasan pasien. Masalah
komunikasi terapeutik yang menyebabkan ketidakpuasan pasien diantaranya, perawat
yang berbicara ketus, judes, perawat yang terlalu sibuk dengan tugas kesehariannya,
kurang memberikan senyuman dan tidak memberikan informasi secara lengkap.
Berdasarkan hasil pra survei dengan 8 pasien di RSUD Pringsewu didapatkan fenomena
yang terjadi ditempat penelitian adalah perawat yang terkesan judes, tidak ramah,
kurangnya penjelasan dari perawat, tidak mempertahankan kontak mata dengan pasien
dan cenderung tidak menghadap kepada pasien saat berkomunikasi. Tujuan penelitian ini
adalah mengetahui Hubungan Komunikasi Terapeutik Dengan Tingkat Kepuasan Di
Ruang Rawat Inap RSUD Pringsewu.

Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Desain yang digunakan dalam penelitian
ini menggunakan korelasional dengan pendekatan cross sectional. Sampel penelitian ini
sebanyak 96 responden dengan teknik accidental sampling. Sumber data primer.
Instrumen penelitian menggunakan kuesioner. Analisa data menggunakan uji Chi- Square.

Hasil uji menunjukkan p value 0.000 < 0.05 sehingga dapat disimpulkan adanya
hubungan yang signifikan antara komunikasi terapeutik perawat dengan kepuasan pasien.

Kesimpulan dari penelitian ini adalah ada hubungan antara komunikasi terapeutik
perawat dengan tingkat kepuasan di ruang rawat inap RSUD Pringsewu.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Kepuasan, Komunikasi terapeutik, Pelayanan keperawatan
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
R Medicine > RT Nursing
Divisions: Fakultas Kesehatan > Prodi S1 Keperawatan
Depositing User: S.I.Pust. Dani Wilian
Date Deposited: 10 Oct 2024 07:11
Last Modified: 10 Oct 2024 07:11
URI: http://repository.umpri.ac.id/id/eprint/1101

Actions (login required)

View Item
View Item