HUBUNGAN MUTU PELAYANAN KESEHATAN DENGAN KEPUASAN PASIEN RAWAT INAP DI RSU PERMATA HATI WAY JEPARA LAMPUNG TAHUN 2023

Ulan, Mega Nawang (2024) HUBUNGAN MUTU PELAYANAN KESEHATAN DENGAN KEPUASAN PASIEN RAWAT INAP DI RSU PERMATA HATI WAY JEPARA LAMPUNG TAHUN 2023. Masters thesis, Universitas Muhammadiyah Pringsewu.

[thumbnail of Halaman Depan]
Preview
Text (Halaman Depan)
MEGA NAWANG ULAN-1-16.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of BAB 1]
Preview
Text (BAB 1)
MEGA NAWANG ULAN-17-22.pdf

Download (334kB) | Preview
[thumbnail of BAB 2]
Preview
Text (BAB 2)
MEGA NAWANG ULAN-23-36.pdf

Download (379kB) | Preview
[thumbnail of BAB 3]
Preview
Text (BAB 3)
MEGA NAWANG ULAN-37-46.pdf

Download (579kB) | Preview
[thumbnail of BAB 4]
Preview
Text (BAB 4)
MEGA NAWANG ULAN-47-58.pdf

Download (644kB) | Preview
[thumbnail of BAB 5]
Preview
Text (BAB 5)
MEGA NAWANG ULAN-59-60.pdf

Download (206kB) | Preview
[thumbnail of Daftar Pustaka]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
MEGA NAWANG ULAN-61-62.pdf

Download (321kB) | Preview
[thumbnail of Lampiran]
Preview
Text (Lampiran)
MEGA NAWANG ULAN-63-80.pdf

Download (520kB) | Preview

Abstract

Hakikat dasar dari penyelenggaraan pelayanan kesehatan di rumah sakit adalah pemenuhan
kebutuhan dan tuntutan dari pemakai jasa pelayanan kesehatan. Salah satu indikator keberhasilan
pelayanan kesehatan di rumah sakit adalah kepuasan pasien. Berdasarkan hasil prasurvey di RSU
Permata Hati terdapat 340 populasi dengan hasil wawancara 10 pasien rawat inap didapatkan hasil
8 (80%) mengatakan puas dan 2 (20%) diantaranya mengatakan kurang puas dengan pelayanan
yang diberikan oleh tenaga kesehatan fasilitas tersedia.

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui hubungan mutu pelayanan kesehatan dengan kepuasan
pasien rawat inap di RSU Permata Hati Way Jepara Tahun 2023. Subjek penelitian adalah pasien
rawat inap RSU Permata Hati Way Jepara dengan objek penelitian mutu pelayanan dan kepuasan
pasien. Jumlah sampel 77 responden yang diambil menggunakan tehnik purpove sampling.
Analisa data menggunakan rumus distribusi frekuensi dan uji chi square.

Hasil Penelitian menunjukkan distribusi frekuensi mutu pelayanan kesehatan (80,5%) menyatakan
dengan kategori baik. Kepuasan responden (75,3%) menyatakan puas dan ada hubungan mutu
pelayanan kesehatan dengan kepuasan pasien rawat inap di RSU Permata Hati Way Jepara Tahun
2023 dengan p value: 0,043 dan r= 0,661. Sehingga diharapkan pihak rumah sakit sering
mengevalusi tingkat mutu pelayanan kesehatan secara rutin dan kepuasan pasien dengan
menyediakan kotak saran. Serta melakukan supervisi untuk petugas kesehatan agar lebih dapat
meningkatkan mutu pelayanan sehingga akan meningkatkan kepuasan pasien.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Mutu Pelayanan, Kepuasan pasien
Subjects: R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine
R Medicine > RT Nursing
Divisions: Fakultas Kesehatan > Prodi S1 Keperawatan
Depositing User: S.I.Pust. Dani Wilian
Date Deposited: 24 Oct 2024 04:37
Last Modified: 24 Oct 2024 04:37
URI: http://repository.umpri.ac.id/id/eprint/1157

Actions (login required)

View Item
View Item