EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN MENGGUNAKAN BLENDED LEARNING PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA

Andriyanto, Joko (2024) EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN MENGGUNAKAN BLENDED LEARNING PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA. Masters thesis, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan.

[thumbnail of Halaman Depan]
Preview
Text (Halaman Depan)
Halaman Depan.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of BAB 1]
Preview
Text (BAB 1)
BAB 1.pdf

Download (300kB) | Preview
[thumbnail of BAB 2]
Preview
Text (BAB 2)
BAB 2.pdf

Download (515kB) | Preview
[thumbnail of BAB 3]
Preview
Text (BAB 3)
BAB 3.pdf

Download (308kB) | Preview
[thumbnail of BAB 4]
Preview
Text (BAB 4)
BAB 4.pdf

Download (558kB) | Preview
[thumbnail of BAB 5]
Preview
Text (BAB 5)
BAB 5.pdf

Download (6kB) | Preview
[thumbnail of Daftar Pustaka]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf

Download (11kB) | Preview

Abstract

Perkembangan teknologi mempunyai pengaruh besar dalam bidang pendidikan
dan menjadi salah satu alternatif baru sebagai media dan sumber belajar.
Permasalahan pembelajaran di kelas XII SMA Bina Mulya Gadingrejo yaitu pada
materi Integral banyak siswa yang belum mencapai KKM. Hal ini dikarenakan
siswa sulit memahami materi dan kurang terlibat aktif dalam pembelajaran. Guru
dapat menerapkan pembelajaran menggunakan Blended learning untuk
meningkatkan proses pembelajaran matematika. Kemudian apakah pembelajaran
menggunakan Blended Learning pada pembelajaran matematika efektif diterapkan
pada materi integral di SMA Bina Mulya Gadingrejo.

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan efektivitas pembelajaran
menggunakan Blended Learning pada pembelajaran matematika di SMA Bina
Mulya Gadingrejo. Efektivitas pembelajaran ditinjau dari aktivitas, respon, dan
hasil belajar. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif deskriptif dimana
terdapat satu kelas yang diberikan perlakuan selanjutnya dilakukan pengukuran
untuk mengetahui hasilnya.

Hasil penelitian yang diperoleh : (1) Presentase aktivitas siswa aktif pada kedua
pertemuan sebesar 85% dan 77%; (2) Presentase respon positif siswa sebesar
81%; dan (3) 85% hasil belajar siswa mencapai KKM. Berdasarkan hasil
penelitian dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa Pembelajaran menggunakan
Blended Learning Pada pembelajaran matematika pada materi integral di SMA
Bina Mulya Gadingrejo efektif diterapkan.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Efektivitas,blended learning
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan > Prodi S1 Pendidikan Matematika
Depositing User: S.I.Pust. Dani Wilian
Date Deposited: 20 Feb 2025 22:35
Last Modified: 20 Feb 2025 22:35
URI: http://repository.umpri.ac.id/id/eprint/1284

Actions (login required)

View Item
View Item