EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN ARITMATIKA SOSIAL DENGAN MENGGUNAKAN GAME EDUKASI WORDWALL

Alam, Muhammad Shohibul (2024) EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN ARITMATIKA SOSIAL DENGAN MENGGUNAKAN GAME EDUKASI WORDWALL. Masters thesis, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan.

[thumbnail of Halaman Depan]
Preview
Text (Halaman Depan)
Halaman Depan.pdf

Download (436kB) | Preview
[thumbnail of BAB 1]
Preview
Text (BAB 1)
BAB 1.pdf

Download (221kB) | Preview
[thumbnail of BAB 2]
Preview
Text (BAB 2)
BAB 2.pdf

Download (787kB) | Preview
[thumbnail of BAB 3]
Preview
Text (BAB 3)
BAB 3.pdf

Download (469kB) | Preview
[thumbnail of BAB 4]
Preview
Text (BAB 4)
BAB 4.pdf

Download (261kB) | Preview
[thumbnail of BAB 5]
Preview
Text (BAB 5)
BAB 5.pdf

Download (205kB) | Preview
[thumbnail of Daftar Pustaka]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf

Download (222kB) | Preview
[thumbnail of Lampiran]
Preview
Text (Lampiran)
Lampiran.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Dari hasil observasi yang dilakukan di MTs Raden Intan Gadingrejo, terdapat
78% siswa yang belum tuntas hasil belajarnya terkusus pada materi aritmatika
sosial. Keefektifan merupakan tingkat pencapaian keberhasilan dari tujuan atau
keadaan ideal yang telah ditetapkan. Aritmatika social berkaitan dengan materi
jual beli yaitu diskon, untung dan rugi serta segala sesuatu yang berhubungan
dengan perdagangan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas
penggunaan game digital wordwall dalam meningkatkan hasil belajar matematika
siswa pada materi aritmatika sosial.

Penelitian yang dilakukan berbentuk deskriptif kuantitatif, yang bertujuan untuk
mendeskripsikan efektivitas penggunaan game digital wordwall dalam
meningktkan hasil belajar matematika siswa pada materi aritmatika sosial. Subjek
dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII.B MTs Raden Intan Gadingrejo Tahun
ajaran 2024/2025 yang berjumlah 27 siswa. Variabel dalam penelitian ini adalah
efektivitas pembelajaran aritmatika sosial menggunakan game digital wordwall.
Indikator dalam penelitian ini adalah aktivitas belajar peserta didik, respon positif
peserta didik dan hasil belajar peserta didik. Efektivitas yang dimaksud dalam
penelitian ini adalah tingkat ketercapaian keberhasilan dari tujuan atau keadaan
ideal dari pembelajaran yang dapat diperoleh setelah melaksanakan proses
pembelajaran. Teknik yang digunakan untuk pengumpulan data yaitu
menggunakan Teknik 1) observasi/pengamatan 2) angket dan 3) tes hasil belajar.

Berdasaran analisis data serta pembahasan yang telah dilakukan, maka dapat
diambil kesimpulan bahwa media pembelajaran game edukasi wordwall pada
materi aritmatika sosial dikelas VII.B MTs Raden Intan Gadingrejo dapat
dikatakan efektif. Hal ini ditunjukkan oleh presentase aktivitas belajar siswa
mencapai 88,89% siswa aktif belajar selama KBM berlangsung, presentase respon
positif peserta didik terhadap game edukasi wordwall sebesar 85,19% dan
presentase hasil belajar peserta didik mencapai 77,78% dari KKM yang
ditetapkan.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Efektivitas, Aritmatika Sosial, Wordwall
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan > Prodi S1 Pendidikan Matematika
Depositing User: S.I.Pust. Dani Wilian
Date Deposited: 20 Feb 2025 23:18
Last Modified: 20 Feb 2025 23:18
URI: http://repository.umpri.ac.id/id/eprint/1286

Actions (login required)

View Item
View Item