Amalia, Rantin (2024) E-LKPD Berbasis Model PACE (Project, Activity, Cooperative Learning, and Exercise) Terintegrasi Budaya Lampung Pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar Kelas VIII. Masters thesis, Universitas Muhammadiyah Pringsewu.
HALAMAN DEPAN.pdf
Download (269kB) | Preview
BAB 1.pdf
Download (88kB) | Preview
BAB II.pdf
Download (292kB) | Preview
BAB III.pdf
Download (256kB) | Preview
BAB IV.pdf
Download (2MB) | Preview
BAB V.pdf
Download (87kB) | Preview
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Download (164kB) | Preview
LAMPIRAN.pdf
Download (1MB) | Preview
Abstract
Penggunaan suatu media belajar dilakukan dengan tujuan agar peserta didik tertarik
minat belajarnya, perhatiannya, memberikan stimulus dan perasaan senang pada suatu
kegiatan. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan dan
mengembangkan produk media pembelajaran E-LKPD berbasis model PACE
Terintegrasi Budaya Lampung Pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar Kelas VIII yang
layak dan efektif digunakan. Media ini diharaokan dapat menjadi alternatif media
pembelajaran yang dapat meningkatkan pemahaman siswa.
Metode penelitian yang digunakan adalah Research and Development (R&D) dengan
model pengembangan ADDIE yang terdiri dari 5 tahapan yaitu analysis (Analisis),
design (Desain), development (Pengembangan), implementation (Implementasi), dan
evaluation (evaluasi). Teknik pengumpulan data menggunakan instrumen validasi
media, angkat respon peserta didik, aktivitas peserta didik, dan Hasil belajar peserta
didik. Penelitian ini dilakukan di MTS Roudlotul Munawwaroh Jatirejo dengan subjek
penelitian adalah siswa kelas VIII.B semester genap.
Berdasarkan hasil analisis data terhadap media pembelajaran E-LKPD Berbasis Model
PACE dikatakan layak karena secara substansi materi benar, tidak terdapat kesalahan
konsep, serta rata-rata penilaian aspek lain yaitu aspek desain pembelajaran, aspek
media dan komunikasi, serta aspek pengguna (guru) mencapai rata-rata 4,6.
Efektivitas media dibuktikan dengan hasil pengamatan aktivitas peserta didik dengan
presentase 85,2% siswa yang aktif, hasil respon peserta didik dengan presentase
75,86% siswa merespon positif dan 24,14% Peserta didik merespon sangat positif, dan
tes hasil belajar peserta didik dengan persentase 86,2% siswa yang tuntas dalam
belajar. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran E-LKPD
Berbasis Model PACE layak dan efektif digunakan dalam kegiatan pembelajaran.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Bangun Ruang Sisi Datar, E-LKPD, dan Model PACE |
Subjects: | L Education > L Education (General) Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan > Prodi S1 Pendidikan Matematika |
Depositing User: | S.I.Pust. Dani Wilian |
Date Deposited: | 21 Feb 2025 02:22 |
Last Modified: | 21 Feb 2025 02:22 |
URI: | http://repository.umpri.ac.id/id/eprint/1287 |