E-MODUL INTERAKTIF BERBASIS ETNOMATEMATIKA PADA MATERI BANGUN RUANG SISI DATAR

Muhtarom, Muhtarom (2024) E-MODUL INTERAKTIF BERBASIS ETNOMATEMATIKA PADA MATERI BANGUN RUANG SISI DATAR. Masters thesis, Universitas Muhammadiyah Pringsewu.

[thumbnail of Halaman Depan]
Preview
Text (Halaman Depan)
Halaman Depan.pdf

Download (890kB) | Preview
[thumbnail of BAB 1]
Preview
Text (BAB 1)
BAB 1.pdf

Download (356kB) | Preview
[thumbnail of BAB 2]
Preview
Text (BAB 2)
BAB 2.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of BAB 3]
Preview
Text (BAB 3)
BAB 3.pdf

Download (992kB) | Preview
[thumbnail of BAB 4]
Preview
Text (BAB 4)
BAB 4.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of BAB 5]
Preview
Text (BAB 5)
BAB 5.pdf

Download (167kB) | Preview
[thumbnail of Daftar Pustaka]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
Saftar Pustaka.pdf

Download (246kB) | Preview
[thumbnail of Lampiran.pdf]
Preview
Text
Lampiran.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang bertujuan untuk
menghasilkan bahan ajar dalam bentuk e-modul interaktif berbasis
etnomatematika pada materi bangun ruang sisi datar yang layak, menarik dan
efektif. Prosedur penelitian ini mengacu pada langkah-langkah model
pengembangan 4-D. Model pengembangan 4-D ini terdiri dari empat tahap yaitu
define (pendefinisian), design (perancangan), develop (pengembangan), dan
disseminate (penyebaran). Penelitian ini dilakukan di MTs Nurul Iman Sidodadi
kelas VIII. Teknik analisis data yang digunakan berupa uji kelayakan yang
dilakukan oleh beberapa ahli, uji kemenarika diketahui melalui lembar angket
siswa dan uji keefektifan didapatkan melalui aktivitas siswa dan hasil tes belajar
siswa.
Berdasarkan hasil penelitian diperoleh bahwa bahan ajar e-modul interaktif
berbasis etnomatematika memenuhi kriteria layak, menarik dan efektif yang
didapatkan berdasarkan penilaian dari empat ahli dengan presentase 92%,
aktivitas siswa dengan presentase 81% siswa aktif, respon siswa dengan
presentase 79% dan tes hasil belajar siswa diperoleh skor 87,5% telah tuntas
mencapai KKM. Berdasarkan hasil dari uji kelayakan, kemenarikan dan uji
keefektifan dapat disimpulkan bahwa bahan ajar e-modul interaktif berbasis
etnomatematika pada materi bangun ruang sisi datar layak, menarik dan efektif
untuk digunakan dalam pembelajaran matematika pada materi bangun ruang sisi
datar.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: e-modul, etnomatematika, bangun ruang sisi datar, rumah adat
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan > Prodi S1 Pendidikan Matematika
Depositing User: S.I.Pust. Dani Wilian
Date Deposited: 21 Feb 2025 02:12
Last Modified: 21 Feb 2025 02:12
URI: http://repository.umpri.ac.id/id/eprint/1288

Actions (login required)

View Item
View Item