E-LKPD Interaktif untuk Mengoperasikan Progam Maple

Darma, Wahyu Purnama Adi (2024) E-LKPD Interaktif untuk Mengoperasikan Progam Maple. Masters thesis, Universitas Muhammadiyah Pringsewu.

[thumbnail of Halaman Depan]
Preview
Text (Halaman Depan)
Halaman Depan.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of BAB 1]
Preview
Text (BAB 1)
BAB 1.pdf

Download (361kB) | Preview
[thumbnail of BAB 2]
Preview
Text (BAB 2)
BAB 2.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of BAB 3]
Preview
Text (BAB 3)
BAB 3.pdf

Download (789kB) | Preview
[thumbnail of BAB 4]
Preview
Text (BAB 4)
BAB 4.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of BAB 5]
Preview
Text (BAB 5)
BAB 5.pdf

Download (216kB) | Preview
[thumbnail of Daftar Pustaka]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf

Download (339kB) | Preview
[thumbnail of Lampiran]
Preview
Text (Lampiran)
Lampiran.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Pengantar Komputasi merupakan mata kuliah lanjutan sebagai respon terhadap
perkembangan teknologi, informasi dan komunikasi. Pada mata kuliah ini
mahasiswa akan diperkenalkan konsep dasar matematika seperti kalkulus, aljabar
linear, dan geometri secara komputasional, tool untuk melakukan perhitungan,
dan beberapa algoritma salah satunya adalah program maple yang dapat
membantu mengerjakan sebuah permasalahan matematika hanya dalam hitungan
menit bahkan detik suatu soal dapat diselesaikan dengan mudah. Namun belum
adanya panduan lengkap untuk mengoperasikan progam maple yang mendukung
pembelajaran sehingga diperlukan suatu bahan ajar yang tidak hanya berupa
tampilan teks dan gambar, tetapi dilengkapi dengan video penjelasan, dalam hal
ini bahan ajar akan disajikan dalam bentuk Elektronik Lembar Kerja Peserta Didik
(E-LKPD) dengan kelengkapan teks, gambar dan video penjelasan serta materi
yang disampaikan dapat lebih interaktif dan diharapkan mahasiswa dapat lebih
mencerna materi yang disampaikan. Tujuan penelitian ini adalah untuk
menghasilkan produk berupa E- LKPD interaktif untuk mengoperasikan progam
maple yang layak dan efektif.

Jenis penelitian yang digunakan adalah model pengembangan 4-D yang terdiri
dari empat tahapan yaitu define, design, develop, dan disseminate. Penelitian ini
dilakukan di Universitas Muhammadiyah Pringsewu dengan subjek yaitu
Mahasiswa Pendidikan Matematika semester 5. Teknik pengumpulan data yang
digunakan adalah lembar validasi ahli media dan komunikasi pembelajaran, ahli
design, ahli materi, pengguna, lembar aktivitas mahasiswa, angket dan tes
digunakan untuk mengetahui mahasiswa dapat menyelesaikan permasalahan
matematika setelah menggunakan E-LKPD.

Hasil penelitian ini menunjukan bahwa E-LKPD interaktif untuk mengoperasikan
progam maple memenuhi kriteria kategori kelayakan yaitu ≥ 61% atau kategori
layak dan memenuhi kriteria keefektifan yaitu ≥ 61% atau kategori baik dengan
rata-rata penilaian ahli diperoleh persentase yang dilakukan 4 validator ahli
sebesar 92% atau kategori sangat layak, aktifitas mahasiswa diperoleh skor rata-
rata 83% mahasiswa aktif dan respon positif mahasiswa diperoleh skor rata-rata
81,5% serta hasil belajar mahasiswa diperoleh skor rata-rata 78,57% telah tuntas
mencapai CPMK. Berdasarkan hasil validasi materi dan media dan uji keefektifan
dapat disimpulkan bahwa produk E-LKPD interaktif untuk mengoperasikan
progam maple memenuhi kriteria layak dan efektif.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: progam maple, E-LKPD interaktif, model pengembangan 4-D
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan > Prodi S1 Pendidikan Matematika
Depositing User: S.I.Pust. Dani Wilian
Date Deposited: 21 Feb 2025 07:05
Last Modified: 21 Feb 2025 07:05
URI: http://repository.umpri.ac.id/id/eprint/1290

Actions (login required)

View Item
View Item