Amalia, Arum Anisa (2020) EFEKTIVITAS LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN TEKNIK DISKUSI UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KARIR SISWA. Masters thesis, Universitas Muhammadiyah Pringsewu.
1. Halaman Depan.pdf
Download (860kB)
2. BAB 1 Pendahuluan.pdf
Download (181kB)
3. BAB 2 Tinjauan Pustaka.pdf
Download (342kB)
4. BAB 3 Metode Penelitian.pdf
Download (311kB)
5. BAB 4 Hasil Penelitian dan Pembahasan.pdf
Restricted to Registered users only
Download (322kB)
6. BAB 5 Kesimpulan dan Saran.pdf
Restricted to Registered users only
Download (91kB)
7. Daftar Pustaka.pdf
Download (225kB)
8. Lampiran.pdf
Download (5MB)
Abstract
ABSTRAK
EFEKTIVITAS LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN TEKNIK
DISKUSI UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KARIR SISWA
Oleh
Arum Anisa Amalia
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya pemahaman karir siswa. Pemahaman
karir dalam pembahasan ini terkait dengan memahami tentang karir, ragam karir,
minat dan menyadari abilitas (kemampuan) diri. Siswa yang kurang memiliki
pemahaman karir akan mengalami kecemasan untuk menentukan karir yang sesuai
dengan abilitas dirinya. Maka tujuan dari penelitian ini ingin mengetahui kefektifan
layanan bimbingan kelompok dengan teknik diskusi untuk meningkatkan pemahaman
karir siswa
Populasi dalam penelitian ini sebanyak 47 siswa. Penelitian ini menggunakan metode
One Group Pretest – Posttest Design. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 15
siswa kelas XI Management Bisnis SMK Muhammadiyah Pringsewu yang memiliki
pemahaman karir dalam kategori sedang. Teknik pengumpulan data dalam penelitian
ini menggunakan angket pemahaman karir dan dokumentasi sebagai teknik
pendukung.
Berdasarkan hasil penelitian, diketahui terdapat peningkatan pemahaman karir peserta
didik setelah melakukan layanan bimbingan kelompok dengan teknik diskusi. Hasil
dari analisis data prestest pada peserta didik sebelum diberikan layanan memiliki
kategori pemahaman karir yang sedang, namun hasil presttest peserta didik setelah
diberikan layanan bimbingan kelompok dengan teknik diskusi mencapai kategori
tinggi, pada penganalisisan data menggunakan uji t paired sampel test. Hal ini dapat
dibuktikan dengan perolehan rata-rata skor pada prettest yaitu 63,2 setelah pemberian
layanan bimbingan kelompok dengan teknik diskusi diperoleh rata-rata posttest 83,6.
Ini menunjukan bahwa terjadi peningkatan rata-rata skor sebesar 20,4. Artinya
layanan bimbingan kelompok dengan teknik diskusi efektif untuk meningkatkan
pemahaman karir siswa.
Kata Kunci : Bimbingan Kelompok, Teknik Diskusi, Pemahaman Karir
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kata Kunci : Bimbingan Kelompok, Teknik Diskusi, Pemahaman Karir. |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > Bimbingan Dan Konseling |
Divisions: | Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan > Prodi S1 Bimbingan dan Konseling |
Depositing User: | Dani Wilian |
Date Deposited: | 06 May 2021 03:14 |
Last Modified: | 06 May 2021 03:14 |
URI: | http://repository.umpri.ac.id/id/eprint/47 |