STRATEGI PEMBELAJARAN TEMATIK SD DI MASA PANDEMI COVID-19

Kurniawan, Kurniawan (2021) STRATEGI PEMBELAJARAN TEMATIK SD DI MASA PANDEMI COVID-19. Masters thesis, Universitas Muhammadiyah Pringsewu.

[thumbnail of Halaman Depan] Text (Halaman Depan)
FILE 1 (Halaman Depan).pdf

Download (567kB)
[thumbnail of Bab 1] Text (Bab 1)
FILE 2 (BAB I).pdf

Download (203kB)
[thumbnail of Bab 2] Text (Bab 2)
FILE 3 (BAB II ).pdf

Download (276kB)
[thumbnail of Bab 3] Text (Bab 3)
FILE 4 (BAB III).pdf

Download (14kB)
[thumbnail of Bab 4] Text (Bab 4)
FILE 5 (BAB IV).pdf
Restricted to Registered users only

Download (802kB)
[thumbnail of Bab 5] Text (Bab 5)
FILE 6 (BAB V).pdf
Restricted to Registered users only

Download (114kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
FILE 7 (DAFTAR PUSTAKA).pdf

Download (221kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
FILE 8 (LAMPIRAN).pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan strategi pembelajaran yang diterapkan di UPT SDN 1 Panggungrejo Utara dimasa pandemi Covid-19 supaya mengetahui strategi pembelajaran yang diterapkan oleh pendidik terhadap peserta didik.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan teknik pengumpulan data yang menggunakan teknik observasi, wawancara atau kuesioner, dan dokumentasi untuk memperoleh sumber data yang ingin ditemukan dalam penelitian yang dilakukan di UPT SDN 1 Panggungrejo Utara kelas III dan V. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa strategi berbasis masalah,inquiri,dan kontekstual tersebut dapat diterapkan dikelas III dan V pada saat pembelajaran daring dan luring dimasa pandemi Covid-19.
Strategi berbasis masalah diterapkan guru dikelas III dengan tujuan guru memfokuskan kepada proses penyelesaian secara ilmiah karena strategi ini lebih diminati siswa serta dapat membuat siswa mudah memahami materi ajaryang disampaikan. Pada kelas V guru menerapkan strategi kontekstual karena kegiatan pembelajaran yang menekankan keaktifan dan keterlibatan siswa untuk mencari dan menemukan materi yang harus dikuasai dan mengaitkannya dalam kehidupan nyata kemudian diaplikasikan kedalam kehidupan sehari-hari.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Strategi pembelajaran, pembelajan tematik, Covid-19
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan > Prodi S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Eka Noviana
Date Deposited: 04 Apr 2022 05:51
Last Modified: 04 Apr 2022 05:51
URI: http://repository.umpri.ac.id/id/eprint/597

Actions (login required)

View Item
View Item