PENGARUH TIPE KEPRIBADIAN SISWA TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA DENGAN INTERVENSI METODE TIME QUIZ DI ERA PANDEMI COVID 19

Farid, Faza Mitakhul (2021) PENGARUH TIPE KEPRIBADIAN SISWA TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA DENGAN INTERVENSI METODE TIME QUIZ DI ERA PANDEMI COVID 19. Masters thesis, Universitas Muhammadiyah Pringsewu.

[thumbnail of Halaman Depan] Text (Halaman Depan)
1. HALAMAN DEPAN.pdf

Download (662kB)
[thumbnail of Bab 1] Text (Bab 1)
2. BAB 1.pdf

Download (113kB)
[thumbnail of Bab 2] Text (Bab 2)
3. BAB 2.pdf

Download (163kB)
[thumbnail of Bab 3] Text (Bab 3)
4. BAB 3.pdf

Download (255kB)
[thumbnail of Bab 4] Text (Bab 4)
5. BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (591kB)
[thumbnail of Bab 5] Text (Bab 5)
6. BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (82kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
7. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (213kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
8. LAMPIRAN.pdf

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK
Tipe kepribadian merupakan suatu sifat yang dimiliki setiap peserta didik. Tipe
kepribadian akan memberikan pengaruh hasil belajar matematika setelah
diintervensi dengan metode time quiz. Penelitian ini berjudul “Pengaruh Tipe
Kepribadian Siswa Terhadap Hasil Belajar Matematika Dengan Intervensi Metode
Time Quiz Di Era Pandemi Covid 19” dengan rumusan masalah apakah perbedaan
dan perbandingan hasil belajar siswa berdasarkan tipe kepribadian siswa.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan dan perbandingan hasil
belajar siswa berdasarkan tipe kepribadian siswa.

Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif dengan desain
penelitian quasi eksperimen jenisnya One-Shot case study. Sampel pada penelitian
ini adalah Kelas V SD Muhammadiyah Ambarawa yang berjumlah 24 siswa
dengan teknik pengambilan sampel yaitu teknik sampel jenuh.

Berdasarkan hasil analisis uji t (Paired Sample T –Test) maka diperoleh hasil
bahwa t
hitung
lebih kecil dari pada t
tabel
yaitu 0,283<1,782. Jadi dapat disimpulkan
bahwa tidak terdapat perbedaan hasil belajar matematika siswa yang
berkepribadian ekstrovet dengan hasil belajar matematika siswa yang
berkepribadian introvet yang diberikan metode time quiz. Dalam penelitian ini
juga menghasilkan bahwa siswa yang memiliki kepribadian ekstrovet lebih tinggi
dengan nilai rata-rata 6,50. Nilai rata rata tersebut lebih besar dari siswa
berpekribadian introvet dengan nilai rata-rata 6,33.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Tipe Kepribadian, Metode Time Quiz, Hasil Belajar.
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan > Prodi S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: S.I.Pust. Riska Dwi Soffa
Date Deposited: 04 Apr 2022 06:00
Last Modified: 04 Apr 2022 06:00
URI: http://repository.umpri.ac.id/id/eprint/599

Actions (login required)

View Item
View Item