ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA MENGGUNAKAN METODE DARING SISWA SEKOLAH DASAR

Farizal, Ahmad (2021) ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA MENGGUNAKAN METODE DARING SISWA SEKOLAH DASAR. Masters thesis, Universitas Muhammadiyah Pringsewu.

[thumbnail of Halaman Depan] Text (Halaman Depan)
barning 1.pdf

Download (465kB)
[thumbnail of Bab 1] Text (Bab 1)
barning 2.pdf

Download (174kB)
[thumbnail of Bab 2] Text (Bab 2)
Barning 3.pdf

Download (135kB)
[thumbnail of Bab 3] Text (Bab 3)
Barning 4.pdf

Download (14kB)
[thumbnail of Bab 4] Text (Bab 4)
Burning 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (222kB)
[thumbnail of Bab 5] Text (Bab 5)
Burning 6.pdf
Restricted to Registered users only

Download (9kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
burning 7.pdf

Download (11kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
burning 8 rev.pdf

Download (5MB)

Abstract

Berdasarkan hasil observasi di SD N 5 Pringsewu didapat kemampuan berpikir kritis
siswa kelas 4 pada proses pembelajaran matematika belum maksimal, karna lebih cenderung
menghafal daripada memahami sehingga siswa kurang terlatih pengembangan konsep itu.
Untuk itu peneliti hendak mengetahui gambaran kemampuan bepikir kritis dalam
pembelajaran matematika di mana pertanyaan dalam penelitian ini adalah yang pertama
untuk mengetahui gambaran kemampuan berpikir kritis, kedua mengetahui penggunaan
metode daring dan ketiga hambatannya, adapun penelitian ini dilakukan dengan
menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus dari hasil pengkajian tersebut
di dapat hasil sebagai berikut Hasil penelitian menunjukkan kemampuan siswa dalam
memberikan penjelasan sederhana dan menarik kesimpulan sudah sangat baik, namun dalam
membangun keterampilan dasar masih belum baik. Pada proses pembelajaran daring
menggunakan aplikasi whatsapp grup yang disebarkan melalui nomor whatsapp orang tua.
Pada saat proses pembelajaran daring mengalami beberapa hambatan antara lain jaringan
internet yang kurang stabil, masih adanya peran orangtua siswa yang masih kurang dalam
memberikan fasilitas belajar kepada anaknya, serta ketepatan waktu dalam menyerahkan
hasil belajar. Selain itu, kurangnya guru dalam memberikan penjelasan membuat siswa sulit
dalam menghafal rumus matematika, khususnya pada materi bangun datar.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Kemampuan Berpikir Kritis, Pembelajaran Matematika, Metode Daring
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan > Prodi S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Eka Noviana
Date Deposited: 04 Apr 2022 05:50
Last Modified: 04 Apr 2022 05:50
URI: http://repository.umpri.ac.id/id/eprint/600

Actions (login required)

View Item
View Item