Andini, Galuh (2021) PENGARUH LITERASI NUMERASI PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA TERHADAP KEMAMPUAN PENYELESAIAN SOAL HIGHER ORDER THINKING SKILL (HOTS). Masters thesis, Universitas Muhammadiyah Pringsewu.
cover.pdf
Download (412kB)
bab 1.pdf
Download (942kB)
bab 2.pdf
Download (1MB)
bab 3.pdf
Download (1MB)
bab 4.pdf
Restricted to Registered users only
Download (1MB)
bab 5.pdf
Restricted to Registered users only
Download (814kB)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Download (146kB)
LAMPIRAN.pdf
Download (3MB)
Abstract
ABSTRAK
PENGARUH LITERASI NUMERASI PADA PEMBELAJARAN
MATEMATIKA TERHADAP KEMAMPUAN PENYELESAIAN SOAL
HIGHER ORDER THINKING SKILL (HOTS)
Oleh :
Galuh Andini
NPM 17060017
Literasi numerasi merupakan kecakapan dalam menggunakan berbagai jenis
simbol dan angka yang berkaitan dengan matematika dasar. Maka dalam hal ini
sangatlah penting bagi peserta didik untuk memiliki kemampuan literasi numerasi
sebagai acuan dalam memahami peran dan kegunaan matematika pada kegiatan
pembelajaran maupun di kehidupan sehari-hari. Tujuan penelitian ini yaitu untuk
mengetahui pengaruh literasi numerasi pada pembelajaran matematika terhadap
kemampuan penyelesaian soal higher order thinking skill (HOTS).
Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen.
Populasi yang digunakan adalah peserta didik kelas V UPT SDN 1 Pajaresuk
dengan sampel 51 responden yang terdiri dari dua kelas yaitu kelas V.A
berjumlah 26 peserta didik dan kelas V.B berjumlah 25 peserta didik. Teknik
pengumpulan data penelitian ini menggunakan tes (pretes dan postes) kemudian
dianalisis dengan uji hipotesis uji t independent.
Hasil Penelitian menunjukkan bahwa dengan menggunakan literasi numerasi pada
pembelajaran matematika berpengaruh terhadap kemampuan penyelesaian soal
higher order thinking skill (HOTS). Hal ini dapat dilihat dari rata-rata hasil belajar
dan pengujian hipotesis, rata-rata hasil belajar pada kelas kontrol sebesar 77,8 dan
kelas eksperimen sebesar 85,6. Pengujian hipotesis uji t independent diperoleh
nilai signifikansi 2-tailed sebesar 0,000 pada taraf 5%. Artinya perolehan nilai
signifikansi < 0,05 maka Ho ditolak, dan Ha diterima.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Literasi Numerasi, Pembelajaran Matematika, Higher Order Thinking Skill (HOTS). |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan > Prodi S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | S.I.Pust. Riska Dwi Soffa |
Date Deposited: | 04 Apr 2022 05:58 |
Last Modified: | 04 Apr 2022 05:58 |
URI: | http://repository.umpri.ac.id/id/eprint/604 |