PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE MAKE A MATCH TERHADAP HASIL BELAJAR PADA MATA PELAJARAN IPS SISWA SD NEGERI 4 WATES

Nugraheni, Hayu (2021) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE MAKE A MATCH TERHADAP HASIL BELAJAR PADA MATA PELAJARAN IPS SISWA SD NEGERI 4 WATES. Masters thesis, Universitas Muhammadiyah Pringsewu.

[thumbnail of Halaman Depan] Text (Halaman Depan)
COVER.pdf

Download (681kB)
[thumbnail of Bab 1] Text (Bab 1)
BAB I .pdf

Download (102kB)
[thumbnail of Bab 2] Text (Bab 2)
BAB II.pdf

Download (238kB)
[thumbnail of Bab 3] Text (Bab 3)
BAB III.pdf

Download (386kB)
[thumbnail of Bab 4] Text (Bab 4)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (341kB)
[thumbnail of Bab 5] Text (Bab 5)
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (10kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
DAPUS.pdf

Download (170kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf

Download (2MB)

Abstract

Tujuan dalam penelitian ini adalah mengetahui pengaruh model pembelajaran
kooperatif tipe make a match terhadap hasil belajar pada mata pelajaran IPS siswa
SD Negeri 4 Wates. Penelitian dalam skripsi ini dilatarbelakangi oleh rendahnya
hasil belajar pada mata pelajaran IPS siswa kelas V SD Negeri 4 Wates, salah
satunya adalah kurangnya pemahaman siswa terhadap materi-materi yang
diajarkan oleh guru.

Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan desain yang digunakan,
yaitu non-equivalent control group design. Jenis sistem penarikan sampel yang
diambil dalam penelitian ini adalah sampel jenuh dan purposive sampling.
Populasi dalam penelitian ini berjumlah 143 siswa dan sampel penelitian ini, yaitu
seluruh siswa kelas V SD Negeri 4 Wates dengan jumlah 39 siswa. Teknik
pengumpulan data berupa tes (pilihan ganda).

Teknik analisis data menggunakan uji statistik independent sampel t-test. Hasil uji
hipotesis diperoleh t
hitung
lebih besar daripada t
tabel
, maka H
o
ditolak dan H
diterima. Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model
pembelajaran kooperatif tipe make a match terhadap hasil belajar pada mata
pelajaran IPS siswa SD Negeri 4 Wates.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Literasi Numerasi, Pembelajaran Matematika, Higher Order Thinking Skill (HOTS).
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan > Prodi S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: S.I.Pust. Riska Dwi Soffa
Date Deposited: 04 Apr 2022 05:55
Last Modified: 04 Apr 2022 05:55
URI: http://repository.umpri.ac.id/id/eprint/605

Actions (login required)

View Item
View Item