Magribi, Ali Hasan (2021) ANALISIS KETERAMPILAN SOSIAL SISWA DENGAN MODEL PEMBELAJARAN DARING DI SEKOLAH DASAR. Masters thesis, Universitas Muhammadiyah Pringsewu.
01 cover, abstrak dll.pdf
Download (727kB)
02 BAB I.pdf
Download (110kB)
03 BAB II.pdf
Download (272kB)
04 BAB III.pdf
Download (65kB)
05 BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (237kB)
06 BAB V.pdf
Restricted to Registered users only
Download (13kB)
07 DAFTAR PUSTAKA.pdf
Download (73kB)
08 LAMPIRAN-LAMPIRAN_compressed (1).pdf
Download (2MB)
Abstract
Pembelajaran daring yang dilakukan oleh pihak sekolah selama
pandemi Covid-19 telah menarik perhatian peneliti untuk meneliti bagaimana
keterampilan sosial para siswa selama mengikuti model pembelajaran daring.
Penelitian ini bertujuan untuk mengamati perkembangan keterampilan sosial
siswa dengan model pembelajaran daring di wilayah Gugus Seruni 4. Hal
tersebut menjadi pokok pembahasan dalam penelitian ini.
Penelitian ini menggunakan Metode Penelitian Kualitatif dengan
menyajikan hasil penelitian secara deskriptif. Teknik Sampling yang digunakan
oleh peneliti, yaitu Snow Ball Sampling. Informan yang diamati oleh peneliti
dalam penelitian ini adalah satu orang Guru kelas 5 dan tiga orang siswa kelas
5 perwakilan masing-masing UPT Sekolah Dasar Negeri yang berada di
wilayah Gugus Seruni 4 kecamatan Pringsewu. Data dari penelitian diperoleh
dari hasil wawancara terbuka dan observasi mendalam yang dilakukan oleh dua
puluh delapan orang perwakilan Gugus Seruni 4 sebagai informan meliputi,
tujuh orang Guru kelas 5 dan dua puluh satu siswa kelas 5.
Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan oleh peneliti terkait
menganalisis keterampilan sosisal melalui model pembelajaran daring di
Sekolah Dasar Negeri pada wilayah Gugus Seruni 4 didapatkan, bahwa semua
Sekolah Dasar Negeri di wilayah Gugus Seruni 4 menjalankan model
pembelajaran daring yang dikolaborasikan dengan model pembelajaran luring.
Peneliti menyimpulkan, bahwa keterampilan sosial para siswa cenderung
kreatif dan variatif dalam mengikuti model pembelajaran daring pada saat
pandemi Covid-19. Peneliti merujuk pada aspek-aspek pembentuk
keterampilan sosial para siswa yang peneliti anggap dominan dalam upaya
membentuk kelompok belajar pada saat pandemi Covid-19. Aspek-aspek
pembentuk keterampilan sosial tersebut, antara lain komunikasi dan interaksi
sosial, sikap terbuka, perilaku membantu, memahami diri, dan perilaku mau
belajar.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Covid-19, Keterampilan Sosial, Model Pembelajaran Daring. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan > Prodi S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Eka Noviana |
Date Deposited: | 05 Apr 2022 05:40 |
Last Modified: | 05 Apr 2022 05:40 |
URI: | http://repository.umpri.ac.id/id/eprint/606 |