PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP PESERTA DIDIK DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA

Saputri, Aulia Desta (2021) PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP PESERTA DIDIK DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA. Masters thesis, Universitas Muhammadiyah Pringsewu.

[thumbnail of Halam Depan] Text (Halam Depan)
file 1 (cover).pdf

Download (438kB)
[thumbnail of Bab 1] Text (Bab 1)
file 2 (bab1).pdf

Download (176kB)
[thumbnail of Bab 2] Text (Bab 2)
file 3 (bab2).pdf

Download (447kB)
[thumbnail of Bab 3] Text (Bab 3)
file 4 (bab3).pdf

Download (308kB)
[thumbnail of Bab 4] Text (Bab 4)
file 5 (bab4).pdf
Restricted to Registered users only

Download (434kB)
[thumbnail of Bab 5] Text (Bab 5)
file 6 (bab5).pdf
Restricted to Registered users only

Download (87kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
daftar pustaka.pdf

Download (172kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
lampiran.pdf

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kemampuan pemahaman konsep matematika peserta didik yang masih kurang sehingga jika diberikan soal yang berbeda, peserta didik masih merasa kesulitan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model Problem Based Learning (PBL) terhadap pemahaman konsep peserta didik dalam pembelajaran matematika.
Jenis penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas IV. Sampel dalam penelitian ini terdiri dari 2 kelas yaitu kelas IV A (kelas yang diajarkan tidak menggunakan model PBL) dengan jumlah 23 peserta didik dan kelas IV B (kelas yang diajarkan menggunakan model PBL) dengan jumlah 22 peserta didik. Instrumen yang digunakan untuk pengumpulan data dalam penelitian ini terdiri dari 5 soal uraian. Teknik analisis pada penelitian ini menggunakan uj-t.
Berdasarkan perhitunan hasil penelitian diperoleh thitung= 2,625 dan ttabel= 2,017. Karena pada penelitian ini thitung > ttabel maka Ha diterima dan Ho ditolak artinya terdapat pengaruh penggunaan model Problem Based Learning (PBL) terhadap pemahaman konsep peserta didik dalam pembelajaran matematika.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Problem Based Learning (PBL), Pemahaman Konsep, Matematika
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan > Prodi S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Eka Noviana
Date Deposited: 05 Apr 2022 05:41
Last Modified: 05 Apr 2022 05:41
URI: http://repository.umpri.ac.id/id/eprint/615

Actions (login required)

View Item
View Item