Rahmawati, Aulia (2021) PENGARUH MODEL KOOPERATIF TIPE TGT PADA PEMBELAJARAN TEMATIK TERHADAP AKTIVITAS BELAJAR SISWA DI SEKOLAH DASAR KABUPATEN LAMPUNG TENGAH. Masters thesis, Universitas Muhammadiyah Pringsewu.
file 1 (cover).pdf
Download (629kB)
file 2 (bab 1).pdf
Download (179kB)
file 3 (bab2).pdf
Download (281kB)
file 4 (bab3).pdf
Download (251kB)
file 5 (bab4).pdf
Restricted to Registered users only
Download (1MB)
file 6 (bab5).pdf
Restricted to Registered users only
Download (9kB)
daftar pustaka.pdf
Download (219kB)
Lampiran aulia.pdf
Download (54MB)
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pentingnya model pembelajaran sebagai proses untuk meningkatkan kualitas pembelajaran yang efektif. Salah satu model pembelajaran yang memberikan kesempatan bagi siswa untuk dapat berperan aktif dalam proses pembelajaran sehingga meningkatkan kemampuan aktivitas belajarnya adalah model pembelajaran kooperatif tipe TGT (Teams Games Tournament). Rumusan masalah pada penelitian ini, apakah terdapat pengaruh model kooperatif tipe TGT pada pembelajaran tematik terhadap aktivitas belajar siswa. Tujuan penelitian untuk mengetahui pengaruh model kooperatif tipe TGT pada pembelajaran tematik terhadap aktivitas belajar siswa. Hipotesis dalam penelitian ini adalah terdapat pengaruh model kooperatif tipe TGT pada pembelajaran tematik terhadap aktivitas belajar siswa. Penelitian yang digunakan merupakan eksperimen jenis kuantitatif quasi eksperimental design (posttest-only control group design). Pada penelitian ini hanya ada satu kelas. Populasi penelitian ini siswa dari SD Negeri 3 Sidorejo dengan sampel yang diambil sebanyak 22 siswa. Sampel dipilih dengan menggunakan teknik sampling jenuh. Alat pengumpulan data adalah skala aktivitas belajar yang terdiri dari 13 item. Teknik analisis data menggunakan uji-t. Hasil berdasarkan perhitungan uji-t independent sample test diperoleh sebesar 5,267 dengan p = 0,000 taraf signifikansi 5%. Perhitungan rata-rata aktivitas siswa berdasarkan hasil observasi, yang sebelum diberikan perlakuan dan setelah diberikan perlakuan model pembelajaran kooperatif tipe TGT didapatkan sebesar 72,94% lebih tinggi dibandingkan siswa yang sebelum mendapatkan perlakuan sebesar 43,52%. Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh antara model kooperatif tipe TGT terhadap aktivitas belajar siswa.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TGT, Aktivitas Belajar |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan > Prodi S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Eka Noviana |
Date Deposited: | 05 Apr 2022 05:41 |
Last Modified: | 05 Apr 2022 05:41 |
URI: | http://repository.umpri.ac.id/id/eprint/617 |