ANALISIS PENGGUNAAN APLIKASI WHATSAPP DI ERA PANDEMI COVID-19 PADA PEMBELAJARAN TEMATIK

Padilah, Hilmi (2021) ANALISIS PENGGUNAAN APLIKASI WHATSAPP DI ERA PANDEMI COVID-19 PADA PEMBELAJARAN TEMATIK. Masters thesis, Universitas Muhammadiyah Pringsewu.

[thumbnail of Halaman Depan] Text (Halaman Depan)
FILE 1.pdf

Download (363kB)
[thumbnail of Bab 1] Text (Bab 1)
FILE 2.pdf

Download (75kB)
[thumbnail of Bab 2] Text (Bab 2)
FILE 3.pdf

Download (191kB)
[thumbnail of Bab 3] Text (Bab 3)
FILE 4.pdf

Download (36kB)
[thumbnail of Bab 4] Text (Bab 4)
FILE 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (59kB)
[thumbnail of Bab 5] Text (Bab 5)
FILE 6.pdf
Restricted to Registered users only

Download (10kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
FILE 7.pdf

Download (122kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
FILE 8.pdf

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK

ANALISIS PENGGUNAAN APLIKASI WHATSAPP DI ERA PANDEMI
COVID-19 PADA PEMBELAJARAN TEMATIK

Oleh:
Hilmi Padilah
17060186

Di tengah keadaan pandemi sekarang proses kegiatan belajar tetap harus
terlaksana walaupun tidak secara langsung bertatap muka. Disinilah peran guru
untuk dapat menggunakan media sosial terutama WhatsApp. Tujuan dari
penelitian ini adalah mendeskripsikan penggunaan aplikasi WhatsApp di era
pandemi covid-19 pada pembelajaran tematik dan mendeskripsikankemampuan
guru dalam merancang materi pembelajaran melalui aplikasi WhatsApp.
Jenis penelitian yang digunakan adalah kualitatif. Sumber data yan
digunakan dala penelitian ini adalah GuruKelas V, Kepala Sekolah dan Siswa
Kelas V SD Negeri 24 Way Lima Teknik pengumpulan data yang digunakan
dalam penelitian ini adalah Observasi, Dokumentasi, dan Wawancara. Teknik
analisis data pada penelitian ini menggunakn triangulasi.
Berdasarkan penelitian diperoleh hasil bahwa penggunaan aplikasi
WhatsApp di era pandemi covid-19 pada pembelajaran tematik di SD Negeri 24
Way Lima berjalan dengan baik sesuai dengan tahapan pembelajaran tematik.
Kemampuan guru dalam merancang materi pembelajaran melalui aplikasi
WhatsApp belum baik karena tidak sesuai dengan dengan RPP pembelajaran
tematik, pada kegiatan pembelajaran diketahui bahwa guru sering mengirim
gambar dalam memberikan soal kepada siswa tergantung tema akan tetapi
disesuaikan dengan RPP dan pada tahap evaluasi diketahui bahwa siswa dalam
mengumpulkan tugas yang diberikan melalui aplikasi WhatsApp adalah melalui
foto yang dikirimkan di grup.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: WhatsApp, pandemi covid-19, pembelajaran tematik
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan > Prodi S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: S.I.Pust. Riska Dwi Soffa
Date Deposited: 05 Apr 2022 05:41
Last Modified: 05 Apr 2022 05:41
URI: http://repository.umpri.ac.id/id/eprint/623

Actions (login required)

View Item
View Item