ANALISIS DESKRIPTIF KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU PADA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN TEMATIK SECARA DARING (ONLINE) DI SD NEGERI 2 PAGELARAN

Kurniasari, Indah Dwi (2021) ANALISIS DESKRIPTIF KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU PADA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN TEMATIK SECARA DARING (ONLINE) DI SD NEGERI 2 PAGELARAN. Masters thesis, Universitas Muhammadiyah Pringsewu.

[thumbnail of Halaman Depan] Text (Halaman Depan)
FILE 1.pdf

Download (444kB)
[thumbnail of Bab 1] Text (Bab 1)
FILE 2.pdf

Download (186kB)
[thumbnail of Bab 2] Text (Bab 2)
FILE 3.pdf

Download (272kB)
[thumbnail of Bab 3] Text (Bab 3)
FILE 4.pdf

Download (196kB)
[thumbnail of Bab 4] Text (Bab 4)
FILE 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (238kB)
[thumbnail of Bab 5] Text (Bab 5)
FILE 6.pdf
Restricted to Registered users only

Download (87kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
FILE 7.pdf

Download (167kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
FILE 8.pdf

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK
ANALISIS DESKRIPTIF KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU PADA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN TEMATIK SECARA DARING
(ONLINE) DI SD NEGERI 2 PAGELARAN
Oleh
INDAH DWI KURNIASARI
17060114
Pada masa pandemi Covid-19 pembelajaran berlangsung secara daring dalam
upaya memutus rantai penyebaran virus di sekolah. Mengingat himbauan dari
pemerintah akan hal ini pihak SD Negeri 2 Pagelaran mulai menerapkan system
pembelajaran yang akan berlangsung selama pandemic yaitu daring. Dalam
pembelajaran daring memerlukan guru yang memiliki kompetensi. Salah satu
kompetensinya yaitu kompetensi pedagogik. Kompetensi pedagogik adalah
kemampuan mengelola pembelajaran peserta didik yang meliputi pemahaman
terhadap peserta didik, perancangan dan pelaksanaan pembelajaran, evaluasi hasil
belajar dan pengembangan peserta didik untuk mengaktualisasikan berbagai
potensi yang dimilikinya. Dalam penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan
kompetensi pedagogik guru pada pelaksanaan pembelajaran tematik secara daring
(online). Sesuai dengan situasi dan kondisi ini maka dapat ditarik tiga rumusan
masalah yaitu (1) bagaimana deskripsi kompetensi pedagogik guru pada
pelaksanaan pembelajaran tematik secara daring (online), (2) apa saja kendala
yang dihadapi guru pada pelaksanaan pembelajaran tematik secara daring (online),
dan (3) bagaimana upaya guru mengatasi kendala tersebut pada pelaksanaan
pembelajaran tematik secara daring (online).
Penelitian ini merupakan jenis penelitian deskriptif kualitatif dengan
menggunakan metode studi kasus dan teknik analisis data yang digunakan adalah
analisis deskriptif. Dengan menerapkan langkah-langkah analisis deskriptif
(Pengumpulan Data, Proses Reduksi Data, Penyajian Data, dan Penarikan
Kesimpulan). Subyek penelitian ini mencakup Kepala Sekolah, guru, dan siswa.
Teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Uji
keabsahan data dalam penelitian ini menggunakan triangualasi sumber, triangulasi
teknik, dan triangulasi waktu.
Berdasarkan hasil penelitian diperoleh kesimpulan bahwa kompetensi pedagogik
guru dapat dikatakan sesuai dengan indikator kompetensi pedagogik. Guru sudah
melaksanakan pembelajaran tematik daring yang sesuai dengan indikator
kompetensi pedagogik yang ada. Kemampuan pemahaman mengenai kompetensi
pedagogik melalui hasil instrument soal guru mampu mendapatkan nilai dengan
rata-rata di atas 70.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Kompetensi pedagogik, pembelajaran tematik
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan > Prodi S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: S.I.Pust. Riska Dwi Soffa
Date Deposited: 05 Apr 2022 05:41
Last Modified: 05 Apr 2022 05:41
URI: http://repository.umpri.ac.id/id/eprint/624

Actions (login required)

View Item
View Item